Berita

Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center UNIKOM Gelar Webinar Softskill Bersama Para Ahli

BANDUNG, UNIKOM – Memaksimalkan penggunaan teknologi merupakan satu bentuk pemanfaatan yang dapat dilakukan guna menyeimbangkan berbagai aspek kehidupan, salah satunya melalui pengembangan softskill. Jumat, 25 September 2020, Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center Unikom menggelar Webinar Softskill bertajuk “Upgrade Your Skills become to Professional in your Career”. Digelar melalui zoom, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 484 peserta yakni para calon wisudawan Unikom dan para mahasiswa baru Unikom Tahun Akademik 2019-2020.

Secara resmi kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom, Dr. Ir. Herman S, MBA., yang menyampaikan “Tentu kegiatan tersebut merupakan bagian kerjasama antara Career Center Unikom dan NVCF, dengan judulnya to become profesional yang berarti seseorang harus dapat menguasai apa yang ia kerjakan dan mampu mengimplementasikan apa yang ia ketahui untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen atau siapapun yang dilayaninya. Artinya kita dituntut untuk memiliki pengetahuan dan mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut. Melalui narasumber yang hadir dalam kesempatan tersebut, tentu diharapkan para peserta dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari apa yang akan disampaikan.” ujarnya.

Memasuki agenda inti, berjalannya webinar tersebut dipandu oleh moderator yakni Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak., CA., selaku Ketua Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center Unikom dimana mengantarkan ketiga pembicara yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom yang menjelaskan materi mengenai “Menggapai Profesional Karir Dimulai dari Status Mahasiswa”.

Menurut Umi, menjadi mahasiswa merupakan kunci pembuka karir dimana mahasiswa menjadi tingkat tertinggi seorang pelajar. “Tentunya belajar di perguruan tinggi tidak hanya terkait hard skills, namun juga soft skills yang wajib dikembangkan bersama profesional. Salah satunya di Unikom yang menerapkan budaya PIQIE sebagai acuan dalam kegiatan akademik maupun non akademik sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional. Selain itu, menjadi mahasiswa selain prestasi akademik harus memanfaatkan prestasi non akademiknya.” jelasnya.

Selanjutnya, pembahasan mengenai Public Speaking dipaparkan oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., selaku Direktur Humas dan Protokoler Unikom yang mengatakan bahwa selama bertahun-tahun public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintah dan bisnis. “Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik dan bahkan menghibur. Bahkan kata yang diucapkan dapat lebih kuat daripada kata-kata tertulis di tangan pembicara yang tepat. Maka, hal yang dapat disiapkan dalam public speaking ialah dengan kuasai materi, gunakan bahasa yang mudah dipahami, berlatih di depan cermin/orang lain, senam bibir, gunakan bahasa tubuh serta percaya diri dan tersenyum.” ungkap Desayu.

Narasumber ketiga yakni Nurhadi Irbath selaku Initiator & Coordinator NVCF2020, menjelaskan materi bertajuk “Upgrade Your Skills To Become Professional in Your Career”. Nurhadi mengatakan bahwa menjadi seorang profesional dalam karir harus didukung dengan pengembangan kemampuan dalam berbagai aspek salah satunya softskills. “Maka, jangan berhenti untuk mengembangkan kemampuan tersebut dan teruslah belajar sehingga dapat menjadi seorang profesional di karir yang akan ditempuh.” pungkasnya. (Direktorat Hms & Pro)