BERITA

Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom Gelar Sosialisasi Icobest dan Coaching Clinic Incitest 2018

Selasa, 17 April 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom yang dipimpin oleh Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si, mensosialisasikan International Conference on Business, Economics, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) kepada para dosen non teknik di lingkungan Unikom, Selasa (11/4). Sosialisasi yang digelar di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom pukul 08.30 WIB, diawali pengarahan Rektor, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T mengenai hal-hal penting berkenaan ICOBEST tersebut.

Rektor memaparkan bahwa pada pelaksanaan Rapat Pimpinan Bulan April 2018 yang telah diadakan minggu lalu, program ICOBEST resmi diluncurkan dan wajib diikuti oleh seluruh dosen non teknik Unikom, diantaranya dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Desain (FD), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Sastra (FS), Fakultas Hukum (FH), Magister Manajemen dan Mahasiswa Pascasarjana (S2) dari Magister Manajemen dan Magister Desain Unikom.

“Unikom fasilitasi seminar internasional ini secara free, jika paper dari Bapak/Ibu dosen bisa lolos dan tentunya terhindar dari plagiarism, karena itu mohon ikuti arahan dari Tim Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom,” ujar Rektor. Beliau pun memaparkan persyaratan yang harus dipenuhi dosen sebagai peserta ICOBEST dan tahapan registrasi, hingga sanksi yang bisa dijatuhkan Unikom jika ada dosen yang tidak berpartisipasi dalam seminar tersebut.

Mengenai pelaksanaan ICOBEST yang menurut rencananya akan digelar pada 22 November 2018 mendatang, para dosen non teknik Unikom bisa melakukan submit abstrak sejak 4-30 April 2018. ICOBEST sendiri membuka 9 scope diantaranya: 1) Entrepreneurship; 2) Government Science; 3) International Relation; 4) Communication Science; 5) Management; 6) Accounting; 7) Law; 8) Digital Humanities; 9) Visual Communication Design and Interior Design.

Usai sosialisasi tersebut, agenda dilanjutkan dengan Coaching Clinic International Conference on Informatics, Engineering, Science and Technology (INCITEST). Berbeda dengan peserta sosialisasi, coaching clinic diikuti oleh dosen teknik di lingkungan Unikom yang telah mengirimkan abstrak. Melalui kesempatan tersebut, Poni menyampaikan bahwa saat ini INCITEST melalui tahap full paper dan telah dicek tingkat similaritinya menggunakan software Turnitin. Memasuki tahap review paper, Poni menyampaikan bahwa kegiatan kali ini memiliki keterkaitan erat dengan tahapan tersebut sehingga diharapkan 118 paper yang telah di submit oleh dosen Unikom bisa lolos dan sesuai kualifikasi Publisher IOP sebagai salah satu publisher yang terindeks Scopus.

 Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan dan Aset juga sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom, Dr. Ir. Herman S Soegoto. Menurutnya, coaching clinic INCITEST bisa mengevaluasi serta meningkatkan kualitas tulisan agar bisa dipublikasikan Publisher IOP, karena ini menjadi kesempatan langka sehingga perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. “Perbaiki jika memang ada yang perlu diperbaiki sehingga bisa menghasilkan paper yang sangat baik dan bermutu, Unikom selalu memberikan kesempatan kepada seluruh dosen untuk meningkatkan kualitas penelitian baik melalui seminar ataupun jurnal,” tutu Herman.

Memasuki agenda inti, para peserta coaching clinic mendapatkan pemaparan materi oleh tim yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), antara lain: 1) Assoc. Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah; 2) Dr. Isma Widiaty, M.Pd; 3) Dr. Eng Asep Bayu Dani Nandiyanto, S.St.,M.Eng; 4) Ari Arifin D, S.PD.,M.Ed; dan 5) Cep Ubah Abdullah, M.Pd. Pelaksanaan kegiatan yang terbagi atas dua sesi dan berlangsung sejak pukul 10.30-15.00 WIB diharapkan dapat memberikan manfaat bagi dosen teknik di lingkungan Unikom hingga mampu menghasilkan paper yang berkualitas dan dipublikasikan oleh IOP. (Direktorat Hms & Pro)

Revisi Jadwal Penerimaan CD Penelitian Semester Genap T.A 2017/2018
Sabtu, 22 September 2018
Tim Futsal Sistem Informasi Unikom Bidik Juara 2 di Turnamen Futsal IFEST 2018
Sabtu, 22 September 2018
KPM Unikom: Tingkatkan Kualitas Personal Dalam Jamuan Makan
Sabtu, 22 September 2018

September 2018