Berita

Dr. Ir. Agus Supandi Soegoto, S.E., M.Si., Anggota Yayasan Science & Technology Terpilih Sebagai Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) Sulawesi Utara

BANDUNG, UNIKOM – Anggota Yayasan Science & Technology, Dr. Ir. Agus Supandi Soegoto, S.E., M.Si., dipilih sebagai Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) Sulawesi Utara periode 2020-2024. Pelantikan dilaksanakan pada hari Senin, 06 Juni 2020 bertempat di Ballroom Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu. Prosesi pelantikan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, Forkopimda Kotamobagu, Sekretaris Daerah Kotamobagu dan disaksikan secara daring oleh Rektor Unikom Bandung Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat., dan Ketua STIE Kotamobagu Herry Mokoginta, S.E., M.E., serta seluruh sivitas akademika UDK.

Dr. Ir. Agus Supandi Soegoto, S.E., M.Si., secara resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri Prof. Dr. Ir. Umar Paputungan, M.Sc. Tertulis di totabuan.news, Dr. Ir.  Agus Supandi Soegoto tercatat sebagai Dosen Tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dan saat ini selain menjalankan tugasnya di Unsrat juga dipercaya  sebagai Rektor UDK periode 2020-2024.

Dikutip dari portalmongondow.com, melalui sambutannya Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menyampaikan rasa optimisnya bahwa ke depannya UDK akan menjadi salah satu Universitas kebanggaan di Bolaang Mongondow Raya (BMR), “Melalui tangan Rektor baru yang memiliki kompetensi dan kapasitas yang luar biasa, UDK mampu bersaing dengan melahirkan generasi penerus yang terbaik. Berharap di tangan Dr Agus Supandi sebagai Rektor UDK yang baru dan para Wakil Rektor, memiliki kompetensi dan kapasitas yang luar biasa untuk menjadikan UDK sebagai Universitas yang mampu bersaing dan melahirkan generasi-generasi muda yang punya kompetensi, karakter, inovasi dan mampu menjawab tantangan zaman.” ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari wartabolmong.news, Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara dalam sambutannya menceritakan mengenai UDK yang beberapa waktu yang lalu sudah akan diturunkan status dari Universitas ke Institut. “Dengan berbagai persyaratan yang dituntut saat itu, saya dan seluruh pengurus pergi ke Makassar untuk melakukan lobby agar UDK yang satu-satunya Universitas di Kotamobagu tidak turun status sampai ke Institut. Sudah lama perjuangan kita bersama agar terwujudnya perguruan tinggi yang baik di Bolaang Mongondow Raya. Kehadiran UDK sangat penting didukung oleh topangan dari Universitas Samratulangi dan Unikom yang sudah terjalin. Mudah – mudahan apa yang dibutuhkan oleh berbagai pihak akan menjadi sesuatu yang bisa dilahirkan oleh UDK.” tuturnya.

Melengkapi dilantiknya Dr. Agus Supandi Soegoto, SE, M.Si., sebagai kakak kandung dari Rektor UDK, Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., mengungkapkan perasaan bahagianya dikala adik kandung beliau diangkat sebagai Rektor UDK “Saya bangga bahwa Dr. Agus terpilih sebagai Rektor UDK. Hal ini menunjukkan bahwa sosok beliau dipercaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, Bupati Dra. Yasti Mokoagow dan Pemerintah Kotamadya Kotamobagu Walikota Ir. Tatong Bara serta Yayasan Pendidikan Kotamobagu untuk melakukan perubahan pada UDK agar UDK tumbuh, berkembang dan maju. Menurut Eddy, Dr. Agus merupakan sosok profesional, pekerja keras, asesor BAN PT, mantan WR-1 UNIKOM, Anggota YST & dosen UNSRAT. Jadi beliau sudah paham bagaimana memajukan UDK, jabatan Rektor dan Otonomi penuh yang diberikan ke beliau merupakan tantangan yang harus dijawab dengan keberhasilan memajukan UDK.” ungkapnya.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan bahwa dirinya merupakan 9 (sembilan) bersaudara, “Saya anak sulung dan Dr. Agus adalah anak ke-5, Agus sosok yang rajin, ulet, senang pada dunia pendidikan, profesional, dan suka dengan hal baru. Saya percaya beliau bisa membawa UDK menjadi Universitas maju dan menjadi kebanggaan masyarakat Kotamobagu dan Bolaang Mongondow. Sebelumnya, kunjungan Bupati Bolaang Mongondow dan Walikota Kotamobagu ke UNIKOM beberapa waktu yang lalu menghasilkan kesepakatan dimana UNIKOM akan membantu memajukan UDK ke depannya.” tegasnya. (Diolah dari berbagai sumber – Direktorat Hms & Pro)