Berita

Hima Akuntansi Unikom Gelar Kegiatan PKM Bagi Para Pelaku UMKM

BANDUNG, UNIKOM – Mengimplementasikan ilmu pengetahuan guna bermanfaat bagi masyarakat menjadi satu bagian penting yang dilakukan institusi pendidikan tinggi salah satunya melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Sabtu, 1 Agustus 2020, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMAk) Unikom melakukan kegiatan PKM melalui webinar dengan tema “Strategi Pengembangan Pelaku UMKM di Masa Pandemi dan Meningkatkan Kualitas Tatakelola Keuangan”. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar oleh HMAk Unikom dimana didukung penuh oleh Program Studi S1 dan D3 Akuntansi Unikom, koordinator kemahasiswaan dan Alumni HMAk Unikom.

Digelar melalui aplikasi zoom dan streaming youtube, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 393 orang total yang mendaftar dimana kegiatan tersebut terbagi dalam dua sesi. Keberhasilan tersebut diraih oleh HMAk berkat kerjasama yang dijalin bersama Webinar Indo (ig: @webinarindo) sebagai media pathner dalam hal promosi kegiata dan mengumpulkan partisipan. Ditujukan kepada masyarakat pelaku UMKM serta mahasiswa yang sedang merintis atau sudah memiliki usaha dari berbagai kota, kegiatan tersebut bertujuan sebagai media guna membantu masyarakat luas untuk memiliki pengetahuan terkait pengembangan usaha dari para ahli.

Memasuki agenda inti, narasumber yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut diantaranya: 1) Muhammad Yamlikon, S.E (Alumni HMAk Unikom) yang membahas mengenai Cara Pengembangan Bisnis UMKM, 2) Dr. Adeh Ratna Komala, S.E, M.Si., (Ketua Program Studi D3 Akuntansi Unikom) membahas mengenai Optimalisasi Laba UMKM melalui Manajemen Keuangan, dan 3) Angky Febriansyah, S.E, M.M., (Dosen Tetap Prodi Akuntansi D3) yang menjelaskan mengenai Pengembangan Bisnis melalui Platform Digital.

Dr. Adeh Ratna Komala, S.E, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih kepada HMAk yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut, “Program studi sangat mengapresiasi kegiatan HIMA yang mengangkat permasalahan UMKM dimana  mereka adalah para pelaku yang memberikan kontribusi besar terhadap ketahanan & kesehatan perekomonian bangsa. Harpan besar bahwa mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat meminimalisir permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM.” ujarnya.

Sementara itu, Uji Mulyanto selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan “Meskipun kegiataan PPM tersebut dilakukan secara online namun kami berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut para pelaku UMKM dapat memetik manfaatnya khususnya dari segi tata kelola keuangan sehingga kedepannya usaha yang sedang dirintis memperoleh laba yang maksimal.” ungkapnya. (Direktorat Hms & Pro)