Berita

Hima IP Unikom Gelar Diskusi Online "Efektivitas Penerapan PSBB di Daerah-Daerah

BANDUNG, UNIKOM – Melihat situasi pandemi yang membahayakan bagi masyarakat membuat pemerintah memutuskan berbagai kebijakan salah satunya dengan diberlakukannya Pembatan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun sayangnya, kebijakan ini kadang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, karena dalam pelaksanaan PSBB banyak permasalahan-permasalahan yang muncul. Maka, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mnegenai hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Hima IP) Unikom melalui Departemen Penalaran Keilmuan membuat forum diskusi daring mengenai "Efektivitas Penerapan PSBB di Daerah-Daerah".

Digelar pada Jumat, 15 Mei 2020 pukul 15.30 WIB – selesai, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus Hima Ilmu Pemerintahan Unikom dan umum. Sebelumnya, peserta umum dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan berkoordinasi melalui direct message (DM) Instagram @himaip_unikom dan panitia akan mengirimkan link room yang digunakan melalui media Google Meet.

Agenda kegiatan diawali dengan pemarapan materi oleh para pemantik diantaranya Rahadi (Wakil Ketua Hima IP) dan Yogi Dania Pratama (Sekretaris 1 Hima IP). Melalui kesempatan tersebut, materi yang dipaparkan yakni mengenai pelaksanaan PSBB di Indonesia yang dalam proses penerapannya mengalami berbagai masalah. Selain itu, terkait bantuan sosial pun turut dibahas dalam kesempatan ini. Selanjutnya, setelah materi disampaikan para peserta pun mengantuasias positif materi yang disampaikan dengan berperan aktif mengikuti sesi diskusi tersebut.

Bentra Tabahtyan Zain selaku Ketua HIMA IP menyampaikan “Tujuan dari diskusi PSBB ini diantaranya agar kita memulai kesadaran dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Karena sebagai mahasiswa kita turut mengambil peran atas permasalahan bangsa. Dalam rangka membantu pemerintah dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencegah penularan serta mencari sebuah solusi permasalahan dari bernagai macam sisi mulai dari sebuah kebijakan, sisi sosial, sisi ekonomi hingga unsur politik dan bagaimana implementasi di lapangan. Harapan saya dengan diadakannya acara ini bisa menambah wawasan untuk kita semua khususnya para peserta. Bersama-sama melawan pandemi, saling membantu satu sama lain dan tetap dirumah aja.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)