Berita

“Kembang Desa” Unikom Terjun ke Masyarakat

BANDUNG, UNIKOM- Mengusung tema “Kembang Desa”, sejumlah mahasiswa yang merupakan delegasi dari beberapa organisasi kemahasiswaan di lingkungan Unikom melakukan pengabdian kepada masyarakat  di RW 01 Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong Kota Bandung. Kegiatan yang berlangsung sejak 13-17 Agustus 2019 ini menjadi aksi nyata kontribusi mahasiswa khususnya di lingkungan masyarakat guna terjalin sinergi antar keduanya.

Seperti disampaikan oleh Sdr. Nur Ikhsan Ardiansyah selaku Presiden Mahasiswa Unikom, bahwa disamping merealisasikan salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi, gelaran ini menjadi ajang untuk membangun sinergitas antar mahasiswa dan masyarakat sehingga terjalin hubungan baik dan silaturahim guna menciptakan kekeluargaan. Selain itu, sebagai agent of change para mahasiswa turut mengaplikasikan keilmuannya yang telah diperoleh dengan harapan dapat memberikan wawasan dan pencerahan baru bagi masyarakat.

Pembukaan kegiatan “Kembang Desa” secara langsung dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan Unikom, Andrias Darmayadi, Ph.D, jajaran kepengurusan RW 01 Kelurahan Lebak Gede, serta delegasi organisasi mahasiswa Unikom yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Himpunan Mahasiswa Desain Interior, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) dan Youth English Society (YES) Unikom.

Konsep pengembangan desa dipilih pada kegiatan kali ini, dimana para mahasiswa Unikom yang terjun ke masyarakat memberikan pengajaran ke Sekolah Dasar di wilayah tersebut, mengadakan belajar kelompok atau les bahasa Inggris dan Matematika untuk siswa-siswi Sekolah Dasar, serta pengembangan sarana melalui pembuatan mural di setiap lingkungan RT dan pembuatan taman.

Bertepatan dengan momentum ulang tahun ke-74 Republik Indonesia, guna memeriahkan peringatan tersebut juga dilakukan sejumlah perlombaan yang melibatkan masyarakat setempat. Melalui kegiatan ini, Nur Ikhsan berharap agar silaturahim antara mahasiswa dan masyarakat dapat terjalin lebih baik, menciptakan suasana kekeluargaan serta memberikan pengalaman positif bagi mahasiswa sebagai agen perubahan bagi masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)