BERITA

Kolaborasi Divisi Codelabs dan Divisi Robotika Unikom Meraih Merit Award pada Apicta 2019 di Vietnam

Selasa, 03 Desember 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Kembali Unikom melalui Divisi Codelabs dan Divisi Robotika memetik perjuangannya,  dengan berhasilnya mengantongi “Merit Award” The Asia Pacific ICT Alliance Awards (APICTA Awards) 2019 dalam Teritary Student kategori Business & Industrial di Ha Long, Vietnam pada 18 – 23 November 2019.

Dilansir oleh kominfo.go.id, APICTA Awards merupakan Program Penghargaan Internasional yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan meningkatkan kesadaran Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam masyarakat dan membantu menjembatani kesenjangan digital. Selain itu, APICTA dirancang untuk merangsang inovasi dan kreativitas dalam bidang TIK; meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan; memfasilitasi transfer teknologi serta menawarkan peluang bisnis.

Pada APICTA 2018, Divisi Codelabs Unikom berhasil mendapatkan penghargaan Merit Award atas software “Sellution” sebagai software yang mampu menunjang bisnis berdasarkan analisis big data di media sosial. Tahun ini, “Chicken Soul” menjadi produk yang mengantarkan Divisi CodeLabs berkolaborasi dengan Divisi Robotika Unikom untuk kembali meraih penghargaan Merit Award, dimana Chicken Soul berperan sebagai software yang mampu membantu para peternak ayam dalam menganalisis hasil ternak menggunakan kemampuan big data dan IOT.

Dian Dharmayanti, S.Kom., M.T., selaku Ketua Divisi CodeLabs Unikom menyampaikan bahwa Tim Chicken Soul di ajang APICTA 2019 adalah contoh produk hasil kolaborasi dari dua divisi di Unikom yaitu Divisi CodeLabs dan Divisi Robotika.  “Melalui kompetisi APICTA 2019 ini membuat kami Tim CodeLabs bertambah pengalaman dan pelajaran, dimana memotivasi kami untuk terus dapat mengembangkan produk sehingga memiliki manfaat lebih untuk masyarakat serta dapat diikutsertakan dalam kompetisi lain baik itu nasional ataupun international.” tutur Dian.

Menilik kesuksesan Tim Chicken Soul Unikom atas peraihan penghargaan tersebut, keberhasilan tim dapat diraih atas bimbingan dari Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T., dan Dian Dharmayanti, S.Kom., M.T.,  dari Divisi CodeLabs serta Rodi Hartono, M.T., dan Taufik Nuzwir Nizar, M.Kom., M.T., dari Divisi Robotik Unikom.

Divisi CodeLabs dan Divisi Robotika Unikom terus melakukan pengembangan, APICTA tahun 2019 ini dengan membuka beberapa kategori kompetisi, yakni: 1) Consumer; 2) Inclusion & Community Services; 3) Industrial; 4) Business Services; 5) Public Sector; 6) Student; 7) Tertiary Student; 8) Start Up; 9) Research & Development; dan 10) Technology

Memilih kategori Tertiary Student dalam APICTA 2019, Unikom mengirimkan dua tim-nya yakni 1) “Tim Chicken Soul” (Adam Ibrahim Adji, Muhammad Naufal dan Putra Army Yudha Septa Triyono) serta 2) “Tim Tanah Airku” (Luthfi Salman Arif Suhanda dan Monica Adela). Terpilihnya Divisi CodeLabs Unikom merupakan hasil rekomendasi dan seleksi tertutup oleh Asosiasi Peranti Lunak Telematika Indonesia (Aspiluki) pada tahun 2018 lalu, Sehingga dalam persiapan APICTA 2019, Tim Unikom mendapatkan tiga kali coaching oleh Aspiluki.

Mengingat dalam waktu dekat Tim Codelabs Unikom akan kembali beradu dalam Kompetisi Microsoft Imagine Cup 2020. Muhammad Naufal selaku mahasiswa perwakilan Tim CodeLabs Unikom menuturkan bahwa Tim CodeLabs terus berupaya melakukan persiapan dan pengembangan atas software yang sudah dirancang. “Kami berharap melalui Tim Codelabs Unikom dapat terus menciptakan software dan produk baru sehingga dapat terus mengharumkan nama Indonesia khususnya Unikom di dunia internasional.” ujar Naufal.

Perjuangan Tim Unikom yang saat itu diikuti oleh Ketua Divisi CodeLabs Unikom Dian Dharmayanti, S.T., M.Kom., perwakilan mahasiswa dari Unikom tersebut, dengan dukungan penuh Unikom secara moril maupun materil, membuahkan hasil yang membanggakan karena mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Direktorat Hms & Pro)

Campus Hiring : PT. Dialogue Group
Jumat, 06 Desember 2019
Direktorat Quality Assurance Unikom Gelar Sosialisasi Isian Formulir Aplikasi Akreditasi Internasional
Jumat, 06 Desember 2019
Rapat Koordinasi Persiapan Pengukuhan Guru Besar Rektor Unikom
Jumat, 06 Desember 2019