Berita

Kunjungan Perpustakaan Unjani Menilik Repository Unikom

BANDUNG, UNIKOM- Perpustakaan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menyambut kunjungan Perpustakaan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) dalam rangka silaturahim dan berbagi informasi terkait repository institusi berbasis eprint. Kunjungan yang berlangsung di Ruang Rapat Perpustakaan Lantai 8 Smart Building Unikom, Jumat (14/12/2018) dihadiri Kepala Perpustakaan Unjani, Rina Agustina, SE., M.Si, beserta jajaran UPT Perpustakaan Unjani yang berjumlah 8 orang.

Mengawali agenda kunjungan, diisi pemaparan materi eprint Unikom oleh Donny Reza, S.Kom (Staf Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI)) dilanjutkan informasi tentang repository oleh Kepala Perpustakaan Unikom, Ubudiyah Setiawati, S.Sos.,M.I.Kom. Repository Unikom telah dibangun secara berkelanjutan sejak tahun 2003 dengan berbagai digital dari local content yaitu penelitian mahasiswa/I, penelitian dosen, makalah, materi kuliah, panduan, gambar, kumpulan materi pelatihan/seminar, resensi, berita, dan alih media koleksi.

Sementara itu, aplikasi yang digunakan GDL 4.0 dan 4.2 dari data repository Perpustakaan Unikom adalah bagian dari data repository institusi selain dari Direktorat Jurnal dan Publikasi, Direktorat LPPM, dan sebagainya yang dikelola Direktorat PTSI menggunakan eprint. Adapun repository yang terdaftar di webometric sebagai aset kekayaan intelektual Unikom hanya satu URL yaitu http://repository.unikom.ac.id.

Usai pemaparan materi dan sesi diskusi, dilanjutkan agenda tour Perpustakaan Unikom mengunjungi beberapa area representatif seperti ruangan penerimaan CD (skripsi, TA, dan tesis), ruangan koleksi referensi, ruangan pengolahan bahan pustaka, area sirkulasi perpustakaan, dan ruang alih media. Kunjungan diakhiri penyerahan cinderamata dan dokumentasi sebagai bentuk kenang-kenangan antara Perpustakaan Unjani dan Perpustakaan Unikom. (Direktorat Hms & Pro)