BERITA

Pelestarian Seni Dan Budaya Kepada Masyarakat Ala Sadaya Unikom

Jumat, 10 Agustus 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Melestarikan Seni dan Budaya pada Era Globalisasi menjadi salah satu tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Saung Budaya (UKM Sadaya) Unikom dengan mengangkat tema Globalisasi Budaya. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu (4/8) bertempat di SD Negeri 128 Haur Pancuh Bandung, menjadi upaya untuk merealisasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah rutin dilakukan oleh UKM Sadaya Unikom merupakan salah satu program kerja dari bagian Biro Humas UKM Sadaya, yang melibatkan 70 orang anggota UKM Sadaya Unikom, serta siswa/i kelas 4A dan 4B SDN 128 Haur Pancuh Bandung yang berjumlah 60 orang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan yaitu memberikan penyuluhan tentang dampak dari penggunakan gadget serta memberikan pengetahuan tentang alat kesenian tradisional angklung mulai dari memperkenalkan sejarah angklung, jenis-jenis angklung, cara memainkan angklung dengan menggunakan sistem pos to pos kepada siswa/i SDN 128 Haur Pancuh Bandung tersebut. Selain itu siswa/i juga dilatih untuk membawakan salah satu lagu yaitu lagu Laskar Pelangi dengan menggunakan alat musik Angklung.

Berkenaan dengan kegiatan ini, Des Nur Trianti selaku Ketua UKM Sadaya Unikom menyampaikan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh UKM Sadaya Unikom merupakan bentuk untuk meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya kepada anak-anak untuk terus melestarikan seni dan budaya Indonesia di zaman era globalisasi. Harapan kedepannya setelah kegiatan ini masayarakat dapat melestarikan salah satu kesenian yang ada di Indonesia, khsusunya alat music tradisional yaitu Angklung. Selain itu, dengan diberikannya pengetahuan dampak dari penggunaan gadget, anak-anak juga dapat lebih bijak dalam menggunakan gadget khusunya digunakan pada hal-hal yang positif.

Sementara itu, kegiatan Pengabdian Masyarakat ditutup dengan pemberian plakat secara simbolis kepada kepala sekolah SDN 128 Haur Pancuh Bandung, dengan dilengkapi pemberian bingkisan kepada siswa/i  SDN 128 Haur Pancuh Bandung dan dilanjutkan dengan foto bersama. Semoga kontribusi yang dilakukan oleh UKM Sadaya Unikom bisa memberikan manfaat khususnya pada pelestarian seni dan budaya Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)

 

Partisipasi Unikom dalam Forum Group Discussion (FGD) KPID Jawa Barat
Sabtu, 08 Desember 2018
Dukung Mahasiswa Unikom di ASEAN University Games 2018
Sabtu, 08 Desember 2018
Praktisi dan Akademisi Unikom Hadiri Diskusi Terbatas di Pikiran Rakyat
Jumat, 07 Desember 2018

Februari 2019