Berita

Tim PPMUPT UNIKOM Luncurkan Aplikasi Smart Asset

BANDUNG, UNIKOM – Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT) Unikom kembali melaksanakan program Ristek Dikti yakni kegiatan tahun ke-2 “PPMUPT Penerapan Aplikasi Smart Asset Tata Kelola BumDes Pagerwangi Era RI 4.0”. Digelar pada tanggal 29 Agustus 2020 dan 1 September 2020, kegiatan tersebut mengusung tema “PPMUPT Series 2020” dengan judul kegiatan “Program Pendampingan, Implementasi Aplikasi Smart Asset, Launching dan Pelatihan Software Smart Asset Untuk E-Comdes, Pos Bumdes, dan  E-Ticket Sorga Pada Bumdes dan Industri Rumah Tangga (IRT) Desa Pagerwangi Era RI 4.0 di masa Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan hari pertama dilaksanakan di Bumi Sangkuriang dan hari kedua berlokasi di Desa Pagerwangi. Dalam kesempatan tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si., selaku Direktur LPPM Unikom melalui aplikasi Zoom. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Tim PPMUPT Unikom, Dr. H. Deden Abdul Wahab Sya’roni, M.Si., beserta anggota diantaranya Dr. Lilis Puspitawati, S.E. M.Si., Ak.,  Supriyati, S.E., M.Si., Ak., CA., Apriani Puti Purfini, S.Kom., M.T., dan Hery Dwi Yulianto, S.T., M.Kom. Sementara itu, pihak BumDes Pagerwangi yang hadir ialah Kepala Desa Pagerwangi H. Agus Ruhidayat, S.E., Ketua BumDes Pagerwangi H. Ayi Suhendi KR, S.E., pihak pendamping desa dari Kabupaten Bandung Barat Armand Adhitya, S.E., M.Si., P3Mdes Agus Dadang Supriatna, S.Pd., beberapa pengurus BumDes Pagerwangi dan beberapa pelaku Industri Rumah Tangga.

Berjalannya proses pelaksanaan pendampingan dan pelatihan tersebut meliputi empat aplikasi sesuai kebutuhan BumDes Pagerwangi yaitu Aplikasi Smart Asset Tata Kelola BumDes, aplikasi kasir, aplikasi e-commerce, dan aplikasi e-ticket. Masing-masing mentor memaparkan topik kegiatannya masing-masing, yakni: 1) Dr. Deden A. Wahab S., M.Si., membahas mengenai “Kiprah Program Pendampingan Tim Pelaksana PPMUPT UNIKOM di Era Adapatasi Kebiasaan Baru, dan Launching Software Aplikasi Smart Asset Untuk (Ecomdes, Posdes dan E-Ticket Sorga Desa)”; 2) Dr. Lilis Puspitawati, S.E., M.Si., Ak., CA., menjelaskan terkait “Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja  Bumdes dan IRT”; 3) Supriyati, S.E., M.Si., Ak., CA., menyampaikan topik “Implementasi dan Regulasi Smart Asset Bumdes Pagerwangi dan IRT Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”; 4) Apriani Puti Purfini, S.Kom., M.T., dengan topik “Program Pendampingan dan Pelatihan Sofware Aplikasi Ecomdes Bumdes Pagerwangi dan IRT”; 5) Hery Dwi Yulianto, S.T., M.Kom., membahas “Program Pendampingan dan Pelatihan Sofware Aplikasi E-Ticket Sorga Desa, untuk Bumdes Pagerwangi dan IRT”; 6) dan Ramadhan Syaeful Bahri, A.Md.Kom., memaparkan tentang “Program Pendampingan Pelatihan Aplikasi Software Pos Bumdes, Untuk Bumdes”.

Mewakili Tim PPMUPT Unikom, Dr. Lilis Puspitawati, S.E., M.Si., Ak., CA., menuturkan bahwa Desa Pagerwangi memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan. Dengan bantuan teknologi dan peran BUMDes yang optimal, potensi tersebut dapat dikembangkan secara maksimal. Salah satu potensinya adalah potensi wisata seperti camping ground dan rumah penduduk yang bisa disewakan menjadi vila.

Sementara itu, menanggapi positif kegiatan tersebut, Armand Adhitya, S.E., M.Si., selaku  pihak pendamping desa dari Kabupaten Bandung Barat menyampaikan ”Kami berharap bahwa kegiatan-kegiatan pendampingan dan pengembangan BumDes dari Universitas Komputer Indonesia untuk kedepannya tidak putus sampai Desa Pagerwangi saja tetapi bisa dikembangkan sampai desa-desa lain di kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat dan bisa ditularkan ke kecamatan-kecamatan lain.” ujarnya (Direktorat Hms & Pro)