BERITA

Unikom Gelar Pengarahan dan Sosialisasi Pengajuan Jabatan Akademik Berbasis Online

Sabtu, 19 Januari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, seluruh dosen tetap di lingkungan Unikom memperoleh pengarahan dan sosialisasi tentang pengajuan jabatan akademik berbasis online yang disampaikan Reviwer Pusat Kemenristekdikti, Prof. Dr. Ir. Yanuarsyah Haroen. Melalui pengarahan yang berlangsung pada Senin (14/1/2019), Yanuarsyah menjelaskan materi tentang “Penilaian Angka Kredit Karya Ilmiah Kenaikan Jabatan dan Pangkat Akademik Dosen”, meliputi: 1) Kriteria Penilaian Karya Ilmiah; 2) Temuan Karya Ilmiah dalam Penilaian; 3) Format Penilaian dan Panduan Penilaian; 4) Uji Kemiripan; 5) Memilih Jurnal; dan 6) Memilih Konferensi.

Selain menyampaikan materi secara teoritis, Yanuarsyah juga memberikan beberapa studi kasus khususnya dalam penulisan karya ilmiah yang seringkali belum sesuai dengan aturan terutama dalam hal teknis penulisannya. Misalnya saja, substansi karya ilmiah yang tidak direview akibat dari kualitas rendah dan secara konten tidak memiliki kontribusi keilmuan, melainkan hanya problem solving. Bahkan para dosen juga disarankan agar lebih selektif dalam memilih konferensi yang layak untuk presentasi paper.

“…kita harus yakin bahwa konferensi yang akan dihadiri sesuai dengan tujuan atau tidak, lalu apakah konferensi besar atau kecil, apakah kita akan mempresentasikan hasil penelitian yang berharga didepan pendengar yang tepat dan dapat memperoleh kontak yang bermanfaat, dan sebagainya,” ujar Yanuarsyah. 

Sementara itu, Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, menyambut baik kegiatan ini karena melalui pengarahan dan sosialisasi diharapkan dapat menambah wawasan para dosen Unikom terutama informasi tentang peningkatan jabatan fungsional akademik, sehingga diharapkan semakin banyak dosen Unikom yang akselerasi jabatan fungsional tersebut. Usai sosialisasi dan pengarahan, agenda dilanjutkan sesi tanya jawab, penyerahan cinderamata, dan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)

KPM Unikom Ajarkan Keikhlasan Dengan Cara Menyenangkan
Sabtu, 25 Mei 2019
Sidang Istimewa MPM: Sosialisasi Perubahan Birokrasi Parlemen ke Pemira
Jumat, 24 Mei 2019
Kajian Muslimah: Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa dan Perluas Wawasan Keagamaan
Kamis, 23 Mei 2019