Berita

UNIKOM Rapatkan Barisan Menyambut Gelaran Sidang Upacara Senat Dalam Rangka PMB TA 2020/2021 Secara Online

BANDUNG, UNIKOM – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unikom menjadi salah satu kegiatan besar Unikom yang diadakan rutin setiap tahunnya. Namun berbeda di tahun ini, pandemi COVID-19 memberikan dampak bahwa terselenggaranya acara tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung (offline) melainkan secara online. Keputusan ini disampaikan oleh Rektor Unikom pada rapat yang digelarnya dengan mengundang Direktur Humas dan Protokoler, Direktur PTSI Unikom, Direktur AP2SC, Kepala BAU sekaligus Ketua Pelaksana Upacara Sidang Terbuka Senat Unikom TA 2020-2021, Kepala Keuangan Unikom dan Sekretaris Rektor di Ruang Meeting lantai 15 pada hari Senin tanggal 24 Aguatus 2020. Menyambut gelaran Sidang Upacara Senat dalam Rangka PMB TA 2020/2021 yang akan digelar secar online pada Senin, 21 September 2020 mendatang. Unikom melalui Direktorat Humas dan Protokoler menindaklanjuti pertemuan dengan Rektor dengan menggelar Rapat Koordinasi bersama Ketua Pelaksana, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan seluruh koordinator di setiap bidang kerja.

Rapat yang digelar pada Selasa, 2 September 2020 pukul 09.00 – 11.00 WIB, dibuka secara resmi oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., selaku Direktur Humas dan Protokoler Unikom yang menyampaikan “Pertama kalinya Unikom menggelar kegiatan sidang terbuka senat pada acara PMB secara online, tentu ini menjadi satu tantangan besar bagi kita semua, sehingga diharapkan seluruh bidang kerja terkait dapat menyediakan waktu khusus untuk mempersiapkan program kerjanya guna menyambut gelaran PMB tersebut. Sudah dapat dipastikan sidang terbuka senat secara online sangat berbeda mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, namun Desayu tetap menghimbau seluruh tim yang terlibat tetap optimis, karena dengan  bergandengan tangan dan saling support semuanya akan dapat dicapai sesuai harapan dan akan berjalan lancar.” tutur Desayu.

Memasuki agenda inti, rapat koordinasi dipimpin oleh Ketua Pelaksana PMB Unikom TA 2020-2021, Dr. Agus Riyanto, M.T., dimana menjelaskan hal apa saja yang perlu disiapkan dan memberikan kesempatan kepada masing-masing koordinator untuk mediskusikan hal-hal yang perlu dipersiapkan dan dikoordinasikan guna persiapan PMB TA 2020/2021.

Setelah rapat bersama para koordinator berakhir, selanjutnya guna membahas mengenai teknis kegiatan saat hari H, Direktorat Humas dan Protokoler Unikom mengundang Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom untuk hadir pada rapat koordinasi yang digelar dihari yang sama pada pukul 11.00 – 12.30 WIB.  Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Ketua Pelaksana & Wakil Ketua PMB TA 2020/2021, Koordinator Sie Acara, Koordinator Sie Keamanan dan Direktorat PTSI Unikom yang dipimpin oleh Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T.

Pembahasan mengenai teknis acara PMB online tersebut tentunya tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan persiapan yang matang dan kerjasama yang solid dari berbagai bidang kerja di Unikom. Menilik hal tersebut, guna mendapatkan keputusan akan langkah kerja yang akan dilakukan selanjutnya maka Direktorat Humas dan Protokoler, Ketua Pelaksana & Wakil Ketua PMB TA 2020/2021,  Koordinator Sie Keamanan bersama Direktorat PTSI melanjutkan agenda rapat dengan Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., pada pukul 13.00 WIB di Ruang Rapat Lt. 15 Smart Building Unikom.

Meski digelar secara online, tak jauh berbeda seperti di tahun-tahun sebelumnya, prosesi sidang terbuka PMB yang digelar selama satu minggu secara online tersebut akan diisi dengan prosesi sidang upacara senat, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan pengenalan Unikom kepada para mahasiswa baru, serta beberapa agenda tambahan yang secara langsung dikoordinir oleh BEM bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan di lingkungan Unikom. Hal ini guna meningkatkan branding Unikom khususnya kepada mahasiswa baru supaya lebih mengenal kampusnya dan memudahkan mereka saat menjalani aktivitas perkuliahan di Unikom. (Direktorat Hms & Pro)