BERITA

Unikom Sambut Kunjungan SMK Negeri 1 Cilacap

Kamis, 11 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cilacap berkesempatan melakukan kunjungan ke Unikom yang diterima di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Selasa (9/10/2018). Peserta kunjungan yang terdiri dari 83 siswa/I kelas XII dari Program Kehalian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia, bersama 4 guru pendamping, disambut hangat oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom untuk diarahkan ke ruang penerimaan kunjungan guna mendengarkan pemaparan materi dari sejumlah pimpinan Unikom yang hadir saat itu serta mengenal Unikom lebih dekat melalui sekilas tayangannya.

Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si membuka kegiatan kunjungan melalui sambutannya. Desayu memperkenalkan sejarah singkat Unikom dan berbagai pencapaian membanggakannya di usia yang baru beranjak 18 tahun. “…meskipun perguruan tinggi kami terbilang muda, namun dengan keyakinan, semangat, dan berlandaskan budaya organisasi yang kami miliki yaitu PIQIE, kami siap berkompetisi dengan perguruan tinggi lainnya tidak hanya di Bandung, tapi Jawa Barat dan Indonesia,” tuturnya.

Lanjut Desayu, budaya PIQIE telah mendasari berbagai aktivitas di Unikom serta diyakini menjadi ciri khas Unikom dimana seluruh civitas akademikanya senantiasa berlaku profesional dan meningkatkan kaulitas sesuai dengan bidangnya. Bukti nyatanya, mahasiswa Unikom sudah banyak mengukir prestasi. Selain di bidang robotika, baru-baru ini Divisi CodeLabs pun telah meraih juara pada kompetisi di Jawa Barat dan saat ini sedang mengikuti ajang kompetisi bergengsi yakni APICTA 2018 di China.

 Respon positif diungkapkan oleh pihak sekolah, salah satunya M. Bahtiyar Rivai, S.Kom selaku Kepala Program TKJ SMK N 1 Cilacap. Menurutnya, Unikom adalah kampus luar biasa derngan segudang prestasi yang dimiliki. Karenanya, ia bersama para siswa/I berharap besar melalui kunjungan ini bisa mendapatkan banyak ilmu dan menularkan prestasi-prestasi yang telah diraihnya kepada siswa/I agar semangat berkompetisi.

Memasuki agenda inti, materi pertama tentang Pengenalan Prodi Teknik Komputer disampaikan oleh Ketua Prodi Teknik Komputer, Dr. Wendi Zarman, M.Si, dilanjutkan dengan materi “IT Network System Administration” oleh Angga Friyanto, S.Kom selaku Ketua Divisi Cisco Unikom. Dalam hal ini, Wendi lebih fokus untuk menjelaskan bahwa Prodi Teknik Komputer merupakan salah satu Prodi dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer yang memiliki 2 jenis program, yakni Strata 1 (S1) dan Diploma 3 (D3). Perbedaan keduanya, bahwa program S1 secara garis besar lebih dominan pada teori dan bidang kerjanya lebih banyak menganalisis, sedangkan program D3 lebih banyak melakukan praktik atau disebut sebagai eksekutor. Sementara itu, Angga memperkenalkan Internet of Things (IoT) yang saat ini tengah booming di kalangan IT termasuk sejumlah perkembangan teknologi lainnya yang penting untuk diketahui.

Usai pengarahan, agenda dilanjutkan pada sesi tanya jawab. Tidak sedikit dari para siswa/I yang aktif bertanya dan eksplor lebih jauh mengenai IT dan perkembangannya. Seperti diungkapkan oleh salah satu peserta, Rita Ulandari yang memiliki prestasi di sekolahnya sebagai Finalis Olimpiade Jaringan Mikrotik 2017. “…pemaparan yang disampaikan sudah jelas dan detail sehingga menambah wawasan saya dan bisa dijadikan acuan kedepannya jika lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi,” jelasnya. Akhir dari rangkaian kunjungan tersebut, ditutup dengan tour campus ke Perpustakaan Unikom dan foto bersama di Lobby Smart Building Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Kolaborasikan Perencanaan dan Aspek Digital Ala Prodi PWK Unikom
Sabtu, 15 Desember 2018
Unikom Siap Berpartisipasi Hantam Hoaks Bersama ‘Jabar Saber Hoaks’
Sabtu, 15 Desember 2018
Bronze Medal AICTA 2018 Berhasil Diraih Tim Sellution Project Unikom
Jumat, 14 Desember 2018

Februari 2019