BERITA

Upaya Unikom Ciptakan Karya Tulis Ilmiah Berkualitas di Kalangan Mahasiswa

Kamis, 05 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak ± 600 mahasiswa Unikom dari berbagai program studi yang mengampu mata kuliah Kewirausahaan, memadati Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom untuk mengikuti “Coaching Clinic Penulisan Paper”, Selasa (3/7). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.00-15.00 WIB, merupakan agenda kali pertama yang diinisiasi oleh Koordinator Tim Dosen Kewirausahaan Unikom sekaligus Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dengan menugaskan Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom pada teknis pelaksanannya.

Menurut Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si selaku Ketua Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom, kegiatan ini merupakan upaya Unikom untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada mahasiswa khususnya yang tengah mengambil mata kuliah Kewirausahaan terkait penulisan paper yang baik. Hal ini sejalan dengan tugas akhir mahasiswa pada mata kuliah tersebut yakni membuat sebuah paper. “…paper yang telah dibuat akan kita gali kembali bersama-sama dengan narasumber kompeten, didampingi koordinator tim dosen Kewirausahaan untuk menggali pegetahuan tentang cara membuat paper yang baik, sehingga jika ada yang belum sesuai akan direvisi kembali berdasaran sistematika yang berlaku,” ujar Poni.

Sementara itu mengenai narasumber kompeten yang dimaksud adalah Dr. Eng. Asep Bayu Dani Nandiyanto, S.T.,M.Eng dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dimana beliau telah memiliki sejumlah pencapaian membanggakan di bidang penulisan dan publikasi yang bereputasi internasional. Melalui kesempatan tersebut, Asep Bayu memaparkan materi tentang “Tahap Screening Cepat dalam Proses Reviewing Process” kepada para peserta.

Target dari coaching clinic kali ini ialah memperbaiki paper sesuai dengan template yang telah ditentukan, dimana paper terbaik nantinya berkesempatan untuk diikutsertakan ke dalam seminar internasional yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh Unikom dan akan berpeluang untuk dipublikasikan dalam scope internasional. Tentunya bagi Asep Bayu, hal ini menjadi penting karena ilmu yang diperoleh manfaatnya sangat luas serta bisa dimanfaatkan mahasiswa pada saat penyusunan skripsi.

Pelaksanaan coaching clinic yang juga dihadiri oleh Tim International Conference Unikom dan Koordinator Tim Dosen Kewirausahaan Unikom, berlangsung tertib dan lancar. Peserta secara bertahap diberikan pengarahan oleh narasumber mulai dari tahap pembuatan abstrak hingga kesimpulan. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat mahasiswa Unikom untuk menulis paper yang baik, sesuai aturan dan sistematika yang berlaku. (Direktorat Hms & Pro)

Gladi Kotor Persiapan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018
Rabu, 26 September 2018
Kostum Karakter Meriahkan Yudisium Program Studi Desain Komunikasi Visual Unikom Semester Genap TA 2017/2018
Rabu, 26 September 2018
H-5 Integelensi Muda
Rabu, 26 September 2018

September 2018