Berita

Webinar Himma Unikom dan Ambiz: Perluas Wawasan Mahasiswa Tentang Pentingnya Program Magang

BANDUNG, UNIKOM – Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi bagian penting bukan hanya bagi para dosen namun juga untuk mahasiswa. Melalui organisasi kemahasiswaan salah satunya Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himma) Unikom, PKM merupakan satu program kerja yang diampu oleh departemen di Himma Unikom. Meski di tengah situasi pandemi COVID-19, tentunya tak membatasi Himma Unikom yang bekerja sama dengan Ambiz untuk menggelar Webinar bertajuk "Landing an Internship in the Times of Uncertainty" pada Jumat, 17 Juli 2020.

Mengenai Ambiz merupakan perusahaan start up yang membuka kesempatan magang dan berasal dari berbagai industri seperti pertanian, teknologi keuangan, rekreasi & perjalanan, e-commerce, pasar, dan lainnya. Melalui kolaborasi dengan Ambiz, menjadi wujud Himma Unikom guna membantu memberikan informasi seputar magang kepada masyarakat umum khususnya mahasiswa Unikom yang akan melaksanakan kegiatan magang pada semester 6 (enam).

Sebanyak ±160 orang peserta baik mahasiswa Unikom maupun masyarakat umum mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana menghadirkan narasumber Rani Soebijantoro selaku Founder & Managing Partner Ambiz. Melalui kegiatan tersebut, Rani memaparkan materi mengenai website Ambiz, sharing pengalaman, tips dan trik untuk memaksimalkan magang di tengah pandemi serta membuka kesempatan bagi para peserta untuk bertanya dan berdiskusi.

Anasya Adeliani selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menyampaikan tujuan digelarnya webinar tersebut diantaranya: 1) Mempelajari tentang pentingnya magang di era profesional saat ini; 2) Memberikan wawasan tentang stigma terkait magang di lingkungan profesional; 3) Mempelajari tentang apa yang diperlukan untuk magang di industri yang mereka inginkan; 4) Dapat menentukan departemen mana yang sesuai dengan keterampilan dan minat mereka; 5) Dapat mengekplorasi manfaat dari melakukan magang bagi karier mereka; dan 6) Mengetahui tentang perubahan magang di kondisi seperti sekarang ini, karena mereka sudah belajar tentang cara magang meskipun sedang ada pandemi.

Sementara itu, Ketua Hima Manajemen Unikom Mundarwis Sari mengungkapkan bahwa dengan mengikuti webinar tersebut merupakan satu bentuk hal kecil yang dilakukan namun tentunya memiliki dampak besar guna pengembangan wawasan. “Semoga pasca pelaksanaan webinar tersebut para mahasiswa dapat memiliki gambaran terkait pentingnya magang sehingga dapat memacu semangat dan motivasi mahasiswa untuk lebih kreatif serta inovatif.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)