BERITA

YES Unikom Ciptakan Relasi Bersama Organisasi Kemahasiswaan Internal Unikom

Senin, 04 Juni 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Upaya membangun dan memperluas relasi dengan berbagai organisasi di lingkungan Unikom dilakukan oleh UKM Youth English Society (YES) Unikom melalui kegiatan English Ramadhan yang berlangsung di Ruang 7 Kampus Dago Unikom, Sabtu (26/5). Mengusung tema “From English to The World”, adalah kegiatan kali kedua YES Unikom yang dihadiri 80 peserta yakni delegasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa (Hima), sesama UKM dan tentunya anggota YES itu sendiri.  

Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi tentang “Why English is Important” oleh Muhammad Rizky Maulana Risman selaku Ketua Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom juga sebagai alumni YES Unikom. Usai pemaparan materi, agenda dilanjutkan dengan sesi English Zone serta games yang menambah kemeriahan dan keseruan English Ramadhan kali ini. Sesuai dengan nama kegiatannya yang digelar bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, seluruh peserta pun mengikuti buka puasa bersama dan diakhiri sesi sharing dengan alumni YES Unikom.

Menurut Herry Darmawan selaku Divisi Kreatif, English Ramadhan merupakan kegiatan yang digagas untuk memperkenalkan YES Unikom kepada sesama organisasi kemahasiswaan internal Unikom guna menjalin silaturahim dan menciptakan relasi baik antara satu sama lain. Seperti dilansir dari yes.unikom.ac.id, YES merupakan salah satu UKM dengan basis kegiatan bilingual language (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) yang resmi dibentuk pada tahun 2012 sebagai organisasi yang memfasilitasi mahasiswa yang memiliki keinginan maupun ketertarikan dalam bahasa Inggris dengan mengembangkan kemampuannya melalui daily activity.

YES memiliki tiga jenis daily activity (aktivitas rutin) bersama para anggota, yaitu ConversationPublic Speaking, dan Debate. Conversation merupakan sub-aktivitas dengan cakupan Basic English yaitu percakapan bahasa Inggris dasar dan sederhana yang digunakan sehari-hari dengan perbandingan penggunaan bahasa dalam kelas yaitu 30% bahasa Indonesia, 70% bahasa Inggris. Adapun Public Speaking merupakan sub-aktivitas dengan cakupan pembahasan mengenai teknik public speaking, newscasting, story telling, dan speech dengan perbandingan penggunaan bahasa dalam kelas yaitu 30% bahasa Indonesia dan 70% bahasa Inggris.

Sementara itu, aktivitas lainnya yakni Debate merupakan sub-aktivitas dengan cakupan teknik-teknik dalam melakukan debat dalam bahasa Inggris (Asian/British parlementary) dengan perbandingan 30% bahasa Indonesia dan 70% bahasa Inggris. Masing-masing kelas memiliki koordinator yang dikenal sebagai Sectional Leader (Seclead). Tidak hanya beraktivitas rutin layaknya organisasi, YES pun memberikan peluang kepada anggotanya untuk mengikuti kompetisi-kompetisi bahasa Inggris. Dalam hal ini, YES memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi dengan memberikan coaching dan sharing sederhana. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi  Lowongan Pekerjaan Scriptwriter & Specialist 2D Animator  - Unikom Kreasi Media
Kamis, 15 November 2018
Tim Arundati Unikom Juara I Nasional di Ajang Workshop Komunrindo - Kombat 2018/2019
Kamis, 15 November 2018
Fakultas Hukum Unikom: Bangun Produktivitas Mahasiswa dalam Berkarya
Kamis, 15 November 2018