DEKAN FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

Sambutan Dekan,

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa dan staf pengajar terbesar dan bidang ilmu utama yang sangat dinamik perkembangannya, yaitu teknologi informasi. Teknologi Informasi telah menjadi bagian penting dalam peradaban manusia pada saat ini dan pada masa yang akan datang. Negara Indonesia yang merupakan salah satu Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, secara bertahap telah menerapkan teknologi informasi ini dalam berbagai bidang baik di pemerintahan, swasta maupun dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Teknologi bukan satu-satunya komponen dalam penerapan teknologi informasi untuk berbagai tujuan, tetapi harus melibatkan juga aspek proses dan Sumber daya Manusia (SDM). UNIKOM sebagai salah satu perguruan tinggi yang banyak menghasilkan lulusan bidang teknologi informasi dan bidang teknik lainnya memiliki peran penting untuk mengisi kebutuhan tersebut. Sesuai dengan visi UNIKOM "Menjadi Universitas terkemuka di bidang teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung pembangunan nasional serta berorientasi kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara", kami berkomitmen untuk mengasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang up to date di bidangnya. Berbagai usaha untuk mencapai visi UNIKOM tersebut , Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) telah banyak melakukan berbagai kerjasama baik dengan pihak luar negeri maupun dalam negeri, membekali mahasiswa dengan pengetahuan kewirausahaan, secara bertahap mempersiapkan kelas internasional, pertukaran mahasiswa dengan Universitas di luar negeri (student exchange) dan joint research dengan Universitas di luar negeri. Dosen-dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) telah melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu yang beberapa diantaranya telah diakui baik di level nasional maupun internasional. 

Beberapa prestasi yang pernah diperoleh oleh staf pengajar dan mahasiswa FTIK adalah :

  1. Juara Kompetisi Konter Robot Tingkat Internasional di USA selama tujuh tahun berturut-turut.
  2. Juara Nasional Kontes Roket tujuh tahun berturut-turut.
  3. Juara Indonesian ICT Awards (INAICTA) selama tujuh tahun.
  4. 4 tahun Juara Nasional Kontes Robot Cerdas (KCRI).
  5. Juara Nasional Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT).
  6. 4 tahun Juara Asia Pasific ICT Award (APICTA).
  7. Penyelenggara Seminar Internasional  ICO-APICT 2013 dan 2015 serta menyelenggarakan Seminar Nasional SAINTIKS 2012 dan 2014.

Akhir kata saya mengajak seluruh pihak terkait utuk selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan khusunya di FTIK UNIKOM agar FTIK UNIKOM dapat berkiprah lebih banyak lagi dalam memenuhi kebutuhan SDM teknologi informasi dan teknik lainnya di Indonesia khususnya dan di dunia umumnya. Selain itu diharapkan UNIKOM mampu untuk memberikan peranan dalam pengembangan teknologi informasi dan teknik lainnya dalam kehidupan bermasyarakat khusunya di Indonesia.