BERITA

10 Finalis ‘News Presenter Competition’ Siap Unjuk Kebolehan di Gelaran Puncak Prostion #1.0

Kamis, 01 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Gelaran Protocol Speak Competition (Prostion #1.0) digadang menjadi kegiatan pamungkas dari UKM Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom di tahun ini. Salah satu rangkaian kegiatan yang telah berlangsung ialah News Presenter Competition di Ruang L.025 Smart Building Unikom, Sabtu (27/10/2018), sebagai awal penyeleksian peserta lomba News Presenter yang nantinya unjuk kebolehan di tahap final bersamaan dengan agenda puncak Prostion #1.0 yakni Seminar Public Speaking pada 3 November 2018 mendatang.

Mengusung tema “Let’s Be Brave to Speak with Positive News”, perlombaan tersebut diikuti 19 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung untuk menunjukan kebolehannya menyampaikan berita dalam bentuk hard news maupun soft news di hadapan tiga juri kompeten di bidang komunikasi dan bahasa khususnya public speaking baik sebagai Master of Ceremony (MC) ataupun Announcer. Sebut saja Dr. Desayu Eka Surya S.Sos., (Direktur Humas dan Protokoler juga sebagai Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi) M.Si, Tine A. Wulandari M.I.Kom (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi) dan Tatan Tawami S.S., M.Hum (Dosen Program Studi Sastra Inggris).

Satu per satu peserta yang tampil, dinilai secara seksama berdasarkan sejumlah kategori yang telah ditetapkan dan disampaikan oleh Desayu di awal kegiatan, diantaranya: 1) Announcing Skills (Artikulasi, Intonasi, Volume Suara); dan 2) Performance (Kelancaran, Penguasaan Materi, Pengembangan Informasi, Face Control, Gesture, Eye Contact). Usai penampilan seluruh peserta, terpilih 10 diantaranya yang berhasil lolos dan otomatis melaju ke tahap final, dimana pada gelaran puncak nanti proses seleksi lebih menengangkan karena menghadirkan juri dari kalangan profesional level nasional yang juga menjadi pemateri dalam seminar public speaking

Menurut Desayu, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh peserta lomba karena mereka mampu melihat peluang untuk menguji kemampuan diri. “…apa yang dilakukan hari ini merupakan hal positif dan tentunya kami berbangga hati karena Anda peduli untuk mengembangkan skill yang memang harus dimiliki, tidak fokus pada sisi akademik saja dan tidak banyak mahasiswa yang bisa seperti Anda, terus gali kemampuan dan tingkatkan jam terbang dalam mengikuti kompetisi,” ujarnya.

Mengenai Prostion #1.0 merupakan salah satu program kerja tahunan yang digagas UKM KPM Unikom. Sebagai organisasi kemahasiswaan yang menjadi bagian dari Direktorat Humas dan Protokoler Unikom, KPM mencoba untuk memberikan sesuatu yang baru pada setiap tahunnya salah satunya melalui Prostion #1.0 sebagai bentuk modifikasi dari kegiatan sebelumnya yaitu seminar public speaking, dimana tahun ini turut diisi dengan kompetisi.

“…rangkaian pertama kegiatan di Prostion #1.0 telah berhasil dilaksanakan, tinggal menunggu pelaksanaan puncaknya yang akan menghadirkan banyak pembicara kompeten, semoga dapat berjalan baik, sesuai rencan,a dan tanpa hambatan berarti,” pungkas Fauzan selaku Ketua Pelaksana. (Direktorat Hms & Pro).

Informasi  Lowongan Pekerjaan Scriptwriter & Specialist 2D Animator  - Unikom Kreasi Media
Kamis, 15 November 2018
Tim Arundati Unikom Juara I Nasional di Ajang Workshop Komunrindo - Kombat 2018/2019
Kamis, 15 November 2018
Fakultas Hukum Unikom: Bangun Produktivitas Mahasiswa dalam Berkarya
Kamis, 15 November 2018