Berita

2.037 Lulusan UNIKOM Resmi Dilantik Melalui Wisuda Tahun Akademik 2019/2020 Secara Hybrid

BANDUNG, UNIKOM – Digelar secara hybrid antara daring dan luring, Universitas Komputer Indonesia resmi melantik 2.037 lulusannya melalui prosesi Sidang Terbuka Senat dalam acara Wisuda Tahun Akademik 2019/2020. Gelaran wisuda yang berlangsung pada Sabtu, 24 Oktober 2020 tersebut turut dimaknai sebagai momentum pelepasan wisudawan untuk mendarmabaktikan ilmunya dengan berbagai pilihan kebutuhan akan sumber daya manusia di tengah masyarakat.

Prof. Dr. Uman Suherman A.S., M.Pd., selaku Kepala LLDIKTI Wilayah 4 yang turut hadir pada Sidang Terbuka Senat UNIKOM dalam acara Wisuda tersebut menyampaikan bahwa kegiatan wisuda merupakan salah satu puncak dari rangkaian akademik yang sudah dilaksanakan oleh wisudawan/ti. “Kesuksesan masa depan tidak hanya ditentukan oleh angka prestasi yang terukir dalam transkip nilai, tapi harus didukung dengan komponen lainnya yang mendukung diri untuk terjun di masyarakat. Critical thinking yang perlu dibangun harus menjadi pembeda bahwa kita merupakan lulusan perguruan tinggi, artinya setelah wisuda tersebut maka yang perlu ditunjukan kepada masyarakat ialah pemikiran kita sebagai seorang lulusan perguruan tinggi yang terkenal dengan Campus of The Champions.” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dalam pidatonya mengungkapkan bahwa proses wisuda identik menjadi momen seremonial yang dapat dianggap sebagai awal kesuksesan para wisudawan yang harus segera ditindaklanjuti dengan usaha dan perjuangan untuk meraih sukses selanjutnya. “Jenis pekerjaan yang akan muncul ke depan adalah digital marketing, software development life cycle, human computer interactions, development tools, computer networking, teknologi penyimpanan data, pengembangan web, artificial intelligent, technical support, media sosial, desain grafis, entrepreneurship dan keterampilan-keterampilan khusus lainnya. Tentu budaya PIQIE Unikom ditujukan untuk mencapai nilai-nilai normatif akademik sekaligus menyentuh ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Melalui budaya disiplin hasil implementasi PIQIE, kami ingin bertransformasi menjadi great university guna menuju world class university yakni salah satunya menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya masing-masing.” ujarnya.

Mewakili Pengurus Yayasan Science & Technology, Emmy Iriani, S.E., turut mengucapkan selamat kepada seluruh keluarga, orang tua dan wali atas kesuksesan yang diperoleh oleh putra/i-nya masing-masing. “Prestasi wisudawan/ti tersebut tidak terlepas dari peran dan kerja keras kedua orang tua juga keluarga dalam membimbing dan membina. Menyikapi harapan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta, Yayasan Science & Technology senantiasa mendukung upaya UNIKOM guna meningkatkan kualitasnya secara konsisten. Peran UNIKOM tidak hanya mencetak generasi yang unggul secara intelegensi saja, namun berkarakter baik dan berakhlak mulia serta semakin dipercaya masyarakat. Wisuda bukanlah akhir pencapaian dari suatu tahapan pendidikan, tapi merupakan langkah awal terjunnya Ananda di masyarakat. Tentu sebagai tanggung jawab baru, agar dapat mendarmabaktikan ilmu yang selama ini diperoleh di bangku pendidikan ke tengah masyarakat.” 

Sebanyak 515 wisudawan dari 2.037 wisudawan UNIKOM semester ganjil dan semester genap TA 2019/2020 berhasil lulus dengan predikat cumlaude. IPK tertinggi program S-2 diraih oleh Senny Luckyardi, Program Studi Magister Manajemen, IPK 4.00 (Summa Cumlaude). Sementara itu, program S-1 diraih oleh Ikhsan Maulana Fadlilah, Program Studi Sastra Jepang, IPK 4.00 (Summa Cumlaude), adapun program diploma tiga diraih oleh Tosin, Program Studi Teknik Komputer, IPK 3.95 (Summa Cumlaude). Keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi di Unikom tentunya tidak terlepas dari komitmen yang tinggi, perjuangan yang serius, ketekunan, kesungguhan, serta tentunya doa dan dukungan pihak keluarga beserta para dosen yang turut menjadi saksi keberhasilan mereka dengan resmi menyandang gelar sesuai bidang ilmunya masing-masing.

Usai prosesi pelantikan wisudawan, tentunya tantangan yang harus dihadapi oleh para lulusan adalah untuk masuk ke universitas masyarakat guna menjawab pilihan dengan melamar pekerjaan pada suatu instansi, perusahaan, atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, atau menciptakan lapangan kerja baru sebagai seorang Entrepreneur. Terlepas dari apa yang menjadi pilihannya, semoga mahasiswa yang telah di wisuda dapat menjadi lulusan yang sesuai dengan tujuan UNIKOM yaitu menghasilkan lulusan yang unggul, kompeten, handal, serta berkomitmen untuk memajukan bangsa dan negara. (Direktorat Hms & Pro)