Berita

4 Days Trip – Company Visit Pascasarjana UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Sejumlah mahasiswa Program Studi Magister Manajemen (MM), Magister Sistem Informasi (MSI), dan Magister Desain (MDs) dari Fakultas Pascasarjana UNIKOM didampingi Ketua Program Studi dan dosen pembina telah melaksanakan kegiatan studi banding bertajuk “4days Company Visit Pascasarjana” yang berlangsung pada tanggal 18 - 21 Mei 2023 dengan tujuan kota pelajar Yogyakarta.

Pada awal kehadirannya di Yogyakarta, rombongan mengunjungi Pabrik Gula dan Spiritus Madukismo di bawah manajemen PT Madu Baru, bertempat di Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Humas Madukismo, Mahmud Safrudi dalam sambutannya menyampaikan PT Madu Baru adalah sebuah perusahaan milik Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat yang bergerak di bidang agroindustri tebu. Sampai saat ini, pabrik tersebut menjadi satu-satunya pabrik gula tebu yang masih beroperasi di Yogyakarta. Selain memproduksi gula dan spiritus, perusahaan ini juga memproduksi alkohol dan hand sanitizer.

Dalam pernyataanya, Dekan Fakultas Pascasarjana UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si., menyatakan dipilihnya Pabrik Gula Madukismo sebagai tujuan studi banding bagi mahasiswa pascasarjana adalah dengan pertimbangan bahwa Pabrik Gula Madukismo merupakan salah satu industri besar yang dimiliki putera daerah, berawal dari perusahaan kecil yang mampu berkembang menjadi perusahaan besar pada saat ini. Begitu pula dalam hal pengadaan bahan baku, SDM, maupun pemasarannya dilakukan seluruhnya oleh putera daerah Yogyakarta sendiri. Dr. Rahma berharap, “melalui kegiatan studi banding tersebut, mahasiswa dapat menambah wawasan antara dunia akademisi dengan dunia kerja”, demikian pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Geraldi Catur Pamuji, S.Kom., M.Kom, selaku Dosen Pembina Mahasiswa menerangkan berdasarkan perencanaan rangkaian acara benchmarking dan company visit Fakultas Pascasarjana 2023, PT Madu Baru adalah tujuan kunjungan untuk company visit bagi mahasiswa program studi Magister Manajemen. Input dari kunjungan kegiatan berupa seminar pengenalan proses pengolahan tebu menjadi gula dan alkohol, dengan menyaksikannya secara langsung dalam proses produksi di pabrik tersebut. Geraldi berharap, “Prodi Magister Manajemen mendapatkan keilmuan di dalam dunia industri dalam berbagai aspek, seperti proses produksi, manajerial operasional, manajemen pemasaran, tata kelola perusahaan, pengelolaan sumber daya manusia, dan juga membuka potensi kerjasama dengan perusahaan”, harapnya.

Alif Akbar Assiddiq, selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan harapannya melalui kegiatan tersebut para mahasiswa pascasarjana bisa mendapatkan insight dan new experince dengan bertemu langsung para pekerja Pabrik Madukismo. Lebih lanjut Alif menyatakan “kegiatan studi banding sangat berpengaruh terhadap positive vibes yang telah didapat mahasiswa selama ini, bukan hanya pengalaman menarik, tetapi melalui kegiatan tersebut relasi dan kedekatan antar mahasiswa dan dosen dapat terbina lebih baik”, ujarnya.

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa di lingkungan yang berbeda. Hasil akhir dari dilaksanakannya studi banding adalah menggali sebanyak mungkin informasi, baik secara riil, teknis, maupun empiris, untuk dijadikan sebagai barometer atau pembanding bagi peningkatan mutu pendidikan dan kualitas lulusan di perguruan tinggi yang bersangkutan.

"Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan” – Shakuntala Devi. (Direktorat Hms & Pro).