BERITA

Bersinergi Melalui Seminar Nasional Komunikasi Pariwisata 4.0 Idik 2019

Kamis, 05 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Direktorat Humas dan Protokoler Unikom turut berkolaborasi dengan Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi (IDIK) Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam gelaran Seminar Nasional bertajuk “Komunikasi Pariwisata 4.0” yang sukses berlangsung di Auditorium Lantai 2 Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta, Sabtu (31/8/2019). Membidik peserta dari kalangan akademisi dan praktisi di Indonesia, seminar ini dihadiri ± 170 peserta dari berbagai daerah, antara lain Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Palembang, Jambi, Lampung, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan akademisi dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

Kegiatan yang dikomando oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si selaku Ketua Pelaksana juga Direktur Humas dan Protokoler Unikom, menjadi bentuk dukungan para Doktor Ilmu Komunikasi dalam pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang ilmu komunikasi. Selain itu, gelaran ini dapat menjadi ajang untuk menjalin tali silaturahim, berbagi ilmu dan tentunya memperluas networking, sehingga tercapai hubungan dan persaudaraan sebagai alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad.

Membuka kegiatan secara resmi, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.H., M.Si., menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia dan peserta atas terwujudnya Seminar Nasional ini. Dadang berharap kedepannya IDIK Unpad dapat lebih aktif membangun ilmu pengetahuan, khususnya dibidang komunikasi.

Sementara itu, Ketua IDIK, Dr. Rahmat Edi Irawan S.Pd., M.I.Kom., terkait seminar ini bahwa komunikasi di bidang pariwisata merupakan satu topik yang memiliki isu menarik khususnya di Indonesia. “Melihat fenomena industri 4.0 saat ini sejatinya membawa perubahan, salah satunya dalam bidang komunikasi pariwisata. Jadi diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dari para pembicara yang kami hadirkan,” ujarnya.

Seminar Nasional “Komunikasi Pariwisata 4.0” diharapkan dapat menjadi forum pemersatu berbagai elemen komunikasi khususnya komunikasi pariwisata yang harus beradaptasi dengan era 4.0. Atas dasar itulah sejumlah narasumber ahli dan kompeten di bidangnya yang hadir dalam kesempatan ini, yaitu : 1) Prof. Dr. Henri Subiakto (Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi), 2) Bapak Don Kardono (Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi), dan 3) Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.H., M.Si. (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung).

Penjelasan yang disampaikan oleh para narasumber, secara garis besar menandai poin pentingnya komunikasi kebangsaan dan komunikasi pariwisata 4.0. Menilik era industri 4.0 dapat dilakukan strategi pengembangan pemasaran pariwisata yaitu: 1) Marketing Strategy (Destination, Origin & Timeline), 2) Promotion Strategy (Branding, Advertising & Selling), 3) Media Strategy (Paid Media, Owned Media, Social Media & Endorser), and 4) Promotion Time (Pre Event, On Event & Post Event).

Selain pemaparan materi dari para narasumber, Seminar Nasional “Komunikasi Pariwisata 4.0” telah mencatat sebanyak 53 judul paper yang merupakan olahan hasil penelitian dan pemikiran para penulis, sukses dipersentasikan dalam ruangan paralel session. Menutup rangkaian Seminar Nasional tersebut, Ketua IDIK, Rahmat, mengumumkan tiga penghargaan yakni presenter terbaik, paper terbaik dan peserta paling aktif.

Kesuksesan gelaran ini tidak terlepas dari kerja sama dan koordinasi yang terbangun apik, serta dukungan dari sejumlah pihak diantaranya, Staf Direktorat Humas dan Protokoler Unikom Arif Try Cahyadi, M.Ds. dan Faiza Sintia Mutmainna, S.I.Kom, KPM Unikom dan Saung Budaya (Sadaya) Unikom yang turut mendukung kesuksesan kegiatan. Rahmat berharap kegiatan yang akan datang dengan skala lebih besar nantinya akan menjadi tantangan baru dan berupaya mencapai kesuksesan yang sama seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya. (Direktorat Hms & Pro)

Mau jadi MABA yang Asyik,, Kamu Wajib Tonton Video Viral Kampus by Eddutainment UNIKOM
Sabtu, 14 September 2019
Direktorat LPPM Unikom Lakukan Monitoring dan Evaluasi Internal Program PKM DRPM Tahun 2019
Sabtu, 14 September 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Program Magang "Bina BNI Batch 10"
Sabtu, 14 September 2019