Berita

Closing Ceremony Kegiatan Vokasional Information & Technology (Batch-2), Implementasi Kerjasama G TO G Indonesia dan Korea Selatan

BANDUNG, UNIKOM - Proyek Official Development Asistance (ODA Project) mendorong para penerima manfaat agar mampu mengadaptasi tren dunia kerja masa depan, globalisasi, lokalisasi, individualisasi yang memiliki kapasitas dan kompetensi untuk dapat berwira usaha mandiri (self-employable) dan menjadi wahana transisi individu ke dunia kerja, termasuk memiliki ketahanan di masa Pandemi Covid-19. Sehingga mendorong setiap individu untuk mampu mengembangkan keahlian dan wawasannya. 

Komunikasi dan informasi menjadi penting sebagai alat bertukar informasi sehingga setiap individu dituntut untuk dapat memberikan informasi dalam bentuk dokumen atau lainnya. Hal lainnya tidak kalah penting adalah bahwa setiap transaksi elektronik harus bisa disimpan secara rapih. Kemampuan bertransaksi secara elektronik seperti penulisan surat dan pelaporan menjadi aspek penting dalam meningkatkan kepercayaan dan akuntabilitas.  Peningkatan kemampuan individu dalam memberikan laporan secara dokumen elektronik menjadi targetan yang harus segera diberikan kepada setiap individu.

Salah satu luaran Official Development Asistance (ODA Project) adalah adanya Pelatihan Vokasional IT.  Pelatihan Vokasional IT ini merupakan penguatan terhadap pendayagunaan aplikasi perkantoran seperti MS Word, MS Excel, dan MS Powerpoint. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat setiap individu dalam mempersiapkan komunikasi dengan lainnya seperti pembuatan surat lamaran kerja, pembuatan curriculum vitae, flyer (brosur produk marketing), laporan keuangan sederhana, dan pembuatan presentasi.

Sebagai bagian dari proyek bantuan pembangunan (Official Development Assistance/ODA) dari Korea Selatan tahun 2021 guna mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, diselenggarakan pelatihan vokasional IT untuk diimplementaskan pada pelatihan vokasi khusus perempuan kedepannya. UNIKOM merupakan pihak yang terpilih untuk menyelenggarakan Pelatihan Vokasional IT (Batch-2). Pelaksanaan Pelatihan Vokasional IT diselenggarakan pada Tanggal 8 - 17 November 2021 bertempat di Gedung Sekolah Perempuan Mencapai Impian dan Cita-cita Provinsi Jawa Barat di Jl. Turangga 25 Bandung. Kegiatan Closing Ceremony dihadiri oleh Rektor UNIKOM; Prof. Dr. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT. Wakil Rektor I Bidang Ademik dan Kemahasiswaan UNIKOM Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., MSi. Asistant Deputy of Gender Mainstreaming in Economic, Ministry of Women Empowerment and Child Protection; Eni Widiyanti, SE., MPP., MSE. Kepala Dinas DP3AKB Provinsi Jawa Barat, Ir. Poppy Sophia Bakur, M.EP. 

Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., MSi. Mengatakan “Kegiatan Pelatihan Vokasional IT (Batch-2) merupakan rangkaian pelatihan yang diselenggarakan UNIKOM sebagai perguruan tinggi yang terpilih mengemban amanah dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA) sebagai bentuk implementasi Kerjasama dengan Mogef Korea Selatan. Kegiatan pelatihan Vokasional IT (Batch-2) diikuti peserta pelatihan yang berbeda dengan Pelatihan Vokasional IT (Batch-2) yang sudah diselenggarakan sebelumnya (25 Oktober – 3 November 2021). Pelatihan ini dilaksanakan yaitu 10 hari, sejak tanggal 8 November dan berakhir tanggal 17 November 2021. Penutupan rangkaian pelatihan dilakukan oleh Ketua Umum Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita, Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil.”tutur Umi

Kegiatan ini merupakan implementasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada unsur Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi dosen-dosen yang terlibat di dalam proyek ini. Kinerja dosen UNIKOM dalam unsur Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) semakin meningkat baik kualitas maupun kuantitas dan dengan skala Internasional. Dengan demikian UNIKOM semakin memiliki Brand Image yang baik di skala nasional dan internasional sebagai kekuatan strategis UNIKOM di dalam penyelenggaraan Pendidikan tinggi. (Direktorat Hms & Pro)