Berita

Creative Talk “Internship Asyik, Gak Pake Panik”

BANDUNG, UNIKOM - Kerja Praktek merupakan suatu kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk terjun ke lapangan pekerjaan secara langsung sesuai dengan bidang studi yang dipelajari. pada perusahaan-perusahaan. Latar belakang pengambilan mata kuliah Kerja Praktek ini yaitu selain merupakan mata kuliah yang harus diambil sesuai dengan SKS yang didapat. Kerja Praktek merupakan mata kuliah praktek kerja lapangan yang juga memiliki nilai plus baik dalam masa studi ataupun di dunia pekerjaan yang akan dihadapi nantinya.

Oleh karena itu, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis (DG) Unikom mengadakan Creative Talk mengusung tema “Internship Asyik, Gak Pake Panik” Intip – Intip Internship di Industri Kreatip. Sabtu, 5 Juni 2021 Pukul 10.00 WIB. Dengan mengundang Narasumber yakni CEO Mavens Studio Ibrahim Imaddudin Islam dan Senior Designer Mavens Studio sekaligus sebagai Alumni DKV Unikom Adhytia Rizkianto, kegiatan tersebut juga didampingi oleh Moderator Irwan Tarmawan, S,Sn., M.Ds.

Koordinator Kerja Praktek Program Studi DKV Unikom Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021 Satria Indra Praja Persad, S.Ds., M.M. dalam sambutan mengatakan rasa terima kasih kepada seluruh panitia yang telah membuat acara Creative Talk. Melalui mata kuliah Kerja Praktek diharapkan saat para peserta nanti masuk kedalam dunia kerja bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan hari ini yang banyak sekali para peserta serap ilmu nya, dari kegiatan ini para peserta bisa belajar bagaimana yang nama nya disiplin dalam dunia kerja, bagaimana menjaga sikap dan bagaimana bergaul dengan rekan kerja hal tersebut merupakan bagian penting untuk dimiliki oleh seseorang. Tentu para peserta dapat mengimplementasikan kegiatan hari ini pada perushaan tempat Kerja Praktek dengan baik atau kedepan nya para peserta dapat terinspirasi dan membuka lapangan pekerjaan atau membuat perusahaan, Satria Indra Praja Persad berharap para peserta mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dari acara Creative Talk.”ungkapnya

Irma Rochmawati, M.Ds selaku Ketua Pelaksana Kerja Praktek Prodi DKV dan DG Unikom mengatakan dalam sambutan, webinar mata kuliah Kerja Praktek Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021. Untuk program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis (DG) Unikom, sebetulnya kali kedua dikemas dalam sebuah webinar secara online atau daring semenjak Covid – 19 melanda pada awal tahun 2020. Irma Rochmawati berharap dengan dilaksanakan secara daring tidak mengurangi rasa kebersamaan, mudah – mudahan pada semester depan bisa menghadapi New Normal, seminar kembali dilaksanakan offline kembali. Kemudain marteri yang disampaikan oleh para narasumber dapat diserap dengan baik dan diimplementasikan pada saat kerja Praktek maupun setelah lulus dari Unikom.”pungkasnya

Memasuki Acara inti, Irwan Tarmawan selaku moderator mengatakan bahawa Internship sendiri adalah sebuah pemahaman. Sebuah proses dimana menangani pekerjaan dengan praktek kerja secara langsung di industri magang itu sendiri menjadi peluang dan yang ingin memiliki pengalaman sangat menguntungkan kepada seseorang yang akan bekerja, tentu mengukur diri dan kemampuan atas sikap pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

Lika liku perjalanan internship 1) Menyiapkan diri para para pelamar magang harus Mengetahui minat bakat, memahami kualitas diri, memastikan ilmu yang telah dipelajari dari kuliah, pemahaman ilmu dasar desain. 2) Mencari tempat kerja praktek, carilah perusahaan yang akhirnya akan bisa mengembangkan minat dan bakat kita yang sudah kita ketahui di awal, hindari ikut ikutan teman dan pastikan banyak bertanya 3) Mengirimkan lamaran, etika mengirimkan email lamaran kerja praktek, etika berkomunikasi daring, menyajikan CV dan portofolio yang layak dan informatif dan sesuai konteks 4) Interview Selalu cek dan Ricek email atau Nyalakan notifikasi email,  konfirmasi kehadiran atau penolakan melalui email, hadir tepat waktu event better datang sebelum interview, wangi dan sesuai outfit dengan kultur perusahaan, saat interview jangan lupa Senyum sapa santun dalam berbahasa sampaikan goals kalian dalam proses magang nanti saat interview memberikan kesempatan untuk bertanya Jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk menanyakan apapun tentang perusahaan atau proses magang 5) Proses kerja, hal - hal yang disukai dari anak magang, 1. Attitude, 2. Thinking, 3 craftsmanship, 4 culture Fit, 5 collaboration, 6 communication (Direktorat Hms & Pro)