Berita

Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah UNIKOM Gelar Coaching Pembuatan Publons ID dan Sinta ID

BANDUNG, UNIKOM - Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah UNIKOM kembali menggelar Coaching klinik yang berfokus pada pembuatan Publons ID dan SINTA ID untuk memfasilitasi para dosen UNIKOM yang belum mempunyai ID Publons dan ID SINTA.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (18/8/22) di Auditorium Miracle Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) bertujuan sebagai salah satu penunjang peningkatan pemeringkatan perguruan tinggi dan untuk mempermudah proses publikasi para dosen di lingkungan UNIKOM.

Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah menyatakan bahwa kegiatan ini penting untuk diikuti oleh dosen karena pada saat ini kinerja dosen sudah mulai diukur melalui sinta. Oleh karenanya, ID publons dan WOS menjadi salah satu ID yang harus dilengkapi dalam akun sinta dosen, disamping ID GS, ID scopus dan ID Garuda. Dengan dimilikinya ID dan diinput dalam akun sinta dosen, otomatis semua artikel atau publikasi ilmiah para dosen yang sudah publish secara sistem akan ditarik datanya oleh sinta, dan sinta akan melakukan penskoran dengan bobot yang bervariasi.

Skor sinta ini lah yang akan berimbas pada penskoran skor dosen secara personal, dan imbas berikutnya pada penskoran/pemeringkatan sinta di level universitas. Selain itu, data sinta ini akan sangat bermanfaat untuk melengkapi kelengkapan dosen dalam rangka pengurusan jabatan fungsional dosen.

Dr. Poni berharap dengan adanya kegiatan Coaching ini dapat mendongkrak peningkatan pemeringkatan perguruan tinggi universitas dari publikasi para dosen, meningkatkan kualitas dosen, serta dapat mendukung dan mensukseskan langkah UNIKOM menuju World Class University. (Direktorat Hms & Pro)