BERITA

Direktur Humas Dan Protokoler Unikom Lakukan Pengabdian Sebagai Pembicara Pada Webinar Nasional

Kamis, 18 November 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Direktur Humas dan Protokoler Unikom Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS. lakukan Pengabdian sebagai pembicara pada seminar nasional “Step Up Your Career Trough Public Speaking Skill” yang diadakan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra Sukabumi. Pada Sabtu, 13 November 2021 kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Anggun Fergina, M.Kom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra sekaligus Alumni Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung. Dalam sambutan mengatakan “Melihat pentingnya kemampuan berbicara di depan umum, maka kami mendukung penyelenggara kegiatan Webinar Step Up Your Career Through Public Speaking Skill yang bermaksud memberikan pengetahuan mengenai Public Speaking Skill untuk meningkatkan kualitas diri dalam berbicara atau berkomunikasi di depan umum melalui pemateri yang ahli dalam bidang ini. Anggun juga menginformasikan kepada para mahasiswanya bahwa yang akan menjadi pemateri Public Speaking adalah Dosen nya dulu saat menempuh pendidikan di Universitas Komputer Indonesia.”ungkapnya

Memasuki acara inti Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS. memberikan pengantar mengenai Public Speaking yang merupakan komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya. Public Speaking juga diartikan sebagai "pembicaraan publik" yang maksudnya berbicara di depan orang banyak juga.

Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintah, dan bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Dan kata yang diucapkan bahkan bisa lebih kuat daripada kata-kata tertulis di tangan pembicara yang tepat.

Desayu juga memberikan tips kepada para peserta webinar nasional tersebut mengenai bagaimana mengatasi gugup saat berbicara di depan orang yaitu, 1) Kuasai Materi, 2) Gunakan Bahasa yang mudah di pahami, 3) Berlatih di depan cermin/ orang lain, 4) Senam Bibir, 5) Gunakan Bahasa Tubuh, 6) Percaya diri dan tersenyum.

Lebih lanjut, saat pertengahan webinar Desayu mencoba memanfaatkan nya dengan memberikan praktik Public Speaking memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membacakan sepenggal naskah pembawa acara antusiasme dari para peserta sangat terlihat, dengan banyak yang ingin mencoba membaca naskah tersebut dan tidak sedikit juga dari mereka yang memberikan komentar terhadap rekan – rekannya yang telah membacakan naskah tersebut, mulai dari intonasi, tanda baca dan penyebutan gelar yang masih harus diperbaiki.

Menurut Desayu, menjadi public speaker yang baik harus memiliki 1) Gestur Tubuh, 2) Kontak Mata, 3) Ekspresi Wajah, 4) Tampilkan Ciri Khas.  Dan Memiliki Tata Krama yang baik itu penting, karena jika tidak kehidupan social akan berantakan, tidak akan ada anak yang hormat kepada orang tua, mereka bisa bebas berbicara apapun dengan Bahasa yang kasar dan hal itu bias memicu pertengkaran dan perilaku tiap individu tidak terkontrol dan terkesan tidak tahu malu.”ungkap Desayu

Desayu memberikan Closing Statement yakni “Mamfaatkanlah kesempatan Dengan sebaik-baiknya dan tidak ada kata terlambat untuk memulai dan mencoba, selama kita mempunyai niat dan ingin belajar semua akan terasa mudah” semoga dengan adanya Webinar Nasional ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan kemampuan berbicara para peserta, agar nantinya kemampuan ini dapat diterapkan dalam proses pencarian kerja maupun menambah softskill dalam komunikasi di dunia profesional. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Jadwal Perpanjangan Pembayaran Biaya Perkuliahan Angsuran II Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022
Rabu, 01 Desember 2021
Super Neli Karya Divisi Animasi Unikom Raih Juara Satu Pada Ajang Curated Amazing Product Jawa Barat Creative Media Award 2021
Selasa, 30 November 2021
Closing Ceremony Kegiatan Vokasional Information & Technology (Batch-2), Implementasi Kerjasama G TO G Indonesia dan Korea Selatan
Selasa, 30 November 2021