Berita

Direktur Humas dan Protokoler Unikom Menjadi Pemateri Training Teknis dan Sertifikasi LSP Universitas Bina Darma Palembang

BANDUNG, UNIKOM – Direktur Humas dan Protokoler Unikom, sekaligus Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., diundang menjadi pemateri dalam Training Teknis & Sertifikasi “Humas Junior dan Digital Marketing” pada Sabtu, 31 Juli 2020. Training Digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Bina Darma Palembang, pemateri lainnya yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut diantaranya Prof. Isnawijayani, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma), Dr. Desy Misnawati, M.I.Kom., (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma), dan Dr. Betty Tresnawaty, M.I.Kom., CPR., CICS., selaku Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Melalui kesempatan tersebut, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan training dan sertifikasi bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dan mahasiswa Tim Protokoler Universitas Bina Darma Palembang. Desayu pada acara tersebut membahas mengenai protokoler. Adapun materi yang dipaparkan diantaranya: 1) Perbedaan protokoler dan keprotokolan; 2) Tujuan pengaturan keprotokolan; 3) Kriterian pelayanan keprotokolan; 4) Tiga tata aturan keprotokolan dalam Undang-Undang; 5) Empat asas keprotokolan NKRI; 6) Aktivitas keprotokolan secara luas berupa tata ruang, tata upacara, tata tempat, tata busana dan tata warkat; 7) Jenis-jenis acara; 8) Tahapan dalam protokoler; serta 9) Tugas pokok protokoler.

Lebih lanjut, Desayu berharap “Melalui kegiatan tersebut, Unikom yang diwakili oleh Direktorat Humas dan Protokoler dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas khususnya kampus yang melihat keberhasilan kegiatan keprotokolan di Unikom. Tentunya kegiatan tersebut menjadi kesempatan untuk berbagi sehingga ke depannya kampus-kampus lain bisa mengikuti hal baik yang dilakukan Unikom khususnya mengenai pentingnya sebuah keprotokolan. Harapan Desayu  selain membangun keprotokolan di kampus Unikom untuk lebih baik dari hari ini, namun juga bisa diberikan apresiasi oleh publik eksternal sehingga dapat dijadikan sebagai contoh atau panduan untuk mereka bisa menggerakan tim protokoler yang lebih tertata dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.” jelasnya.

Sebanyak ±46 orang peserta yakni mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma mengapresiasi positif berjalannya acara tersebut, hal ini nampak dari antusiasme luar biasa yang  ditunjukan oleh para peserta yang secara aktif mengajukan beberapa pertanyaan, dan dari perpanjangan waktu yang diminta oleh Moderator pada Desayu pada acara Training tersebut. (Direktorat Hms & Pro)