Berita

Divisi Inbiskom Unikom Fasilitasi Mahasiswa untuk Melakukan Izin Usaha Melalui Pelatihan Online

BANDUNG, UNIKOM – Unikom fasilitasi mahasiswa untuk berwirausaha dengan mendirikan Divisi Inkubator Bisnis dan KUMKM (INBISKOM) pada Bulan Januari 2020. Divisi tersebut merupakan kolaborasi dari berbagai bidang kerja di Unikom yang tentunya merupakan perwujudan dari mata kuliah entrepreneurship, dimana menjadi mata kuliah yang wajib diampu bagi seluruh mahasiswa di Unikom.

Pada Sabtu, 27 Juni 2020, Divisi INBISKOM menggelar kegiatan perdananya yakni Pelatihan INBISKOM seri “Perizinan Usaha”. Kegiatan yang digelar secara online melalui aplikasi zoom dan live youtube tersebut berhasil menghadirkan narasumber Uting Rostini, S.H., (Owner of Trifa Food Beverage, Pendamping UMKM Juara Jawa Barat, Sekretaris Perwira DPC Ciamis dan Ketua Koperasi Konsumen Pedagang Kreatif Ciamis) bersama Dr. Hj. Dewi Kurniasih, S.IP., M.Si., selaku Ketua Divisi INBISKOM Unikom.

Sebanyak 77 orang peserta yakni mahasiswa dan dosen di Unikom serta masyarakat umum dari Sumedang dan Ciamis mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme yang luar biasa saat dilakukan praktek pendaftaran izin usaha berupa Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dapat diakses secara online. Maka, melalui kegiatan tersebut, para peserta khususnya para mahasiswa sudah memiliki kedua izin tersebut sehingga dapat secara matang untuk mengembangkan usaha ke depannya.

Dr. Hj. Dewi Kurniasih, S.IP., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tersebut digagas dengan melihat adanya kebutuhan dari masing-masing peserta tenan INBISKOM yang masih tidak memiliki izin usaha. Jenis usaha di INBISKOM diantaranya ialah : 1) Makanan dan Minuman, 2) Konveksi, 3) Jasa dan 4) Periklanan. Menurut Dewi, keempat jenis usaha tersebut harus didasari dengan kepemilikan izin usaha dimana untuk memudahkan INBISKOM memfasilitasi dan mempromosikan produk ke jangkauan yang lebih luas.

Lebih lanjut Dewi menuturkan “Selanjutnya kami akan melaksanakan seri pelatihan yang terfokus pada kemasan produk, harapan besar kami bahwa melalui INBISKOM produk mahasiswa  dapat menjangkau pasar yang lebih tinggi sehingga Unikom bisa menjadi perguruan tinggi yang memiliki tenan terbanyak dan menumbuhkan jiwa entrepreneur di lingkup sivitas akademika Unikom khususnya bagi mahasiswa.” tuturnya. (Direktorat Hms & Pro)