Berita

Divisi Inbiskom Unikom: Fasilitasi Pengembangan Bisnis Mahasiswa melalui Pelatihan Online

BANDUNG, UNIKOM – Setelah sebelumnya menggelar Pelatihan berfokus Izin Usaha pada Sabtu, 27 Juni 2020, Divisi Inkubator Bisnis dan KUMKM (INBISKOM) Unikom kembali menggelar gelaran seri keduanya yakni bertajuk “Packagin Design Concept: A Simple Way, Just Make It Happen” pada Jumat, 3 Juli 2020.

Membuka kegiatan tersebut, Dr. Hj. Dewi Kurniasih, M.Si., selaku Kepala Divisi INBISKOM Unikom menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Unikom yang senantiasa mendukung dan memberikan kesempatan kepada Divisi INBISKOM untuk dapat berupaya memfasilitasi mahasiswa melalui pelatihan. “Melalui kesempatan tersebut, pembahasan kami fokuskan kepada kemasan produk dimana mahasiswa dapat mempelajari bagaimana merancang suatu desain kemasan yang dapat menarik minat dan pangsa pasar. Maka, diharapkan melalui kegiatan pelatihan tersebut mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dengan sharing bersama narasumber.” ujarnya.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut  Kepala Seksi Perencanaan & Evaluasi UPTD P3W Dinas Koperasi Usaha Kecil Prov. Jawa Barat, Hetty Susilawati, S.E., M.M., yang dalam sambutannya mengungkapkan “Kegiatan tersebut menjadi kesempatan untuk kita sama-sama belajar, Divisi INBISKOM Unikom memfasilitasi banyak kegiatan positif melalui gebrakan-gebrakan barunya. Tentu hal ini sangat luarbiasa mengingat Divisi INBISKOM merupakan bidang kerja baru di Unikom. Maka para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk dapat belajar lebih melalui pelatihan yang digelar sehingga mahasiswa dapat membuat kemasan yang lebih menarik dan menciptakan produk-produk luar biasa ke depannya.” ungkapnya.

Diikuti oleh sebanyak 87 orang peserta yakni mahasiswa Unikom serta masyarakat umum yakni para pelaku UMKM di Jawa Barat. Memasuki agenda inti, kegiatan tersebut menghadirkan Muhammad Muharam selaku Praktisi dan The Owner Rumah Kemasan Bandung sebagai pembicara.  Menurut Muharam, hal dasar yang harus diketahui oleh para pelaku usaha ialah mengenai marketing mix atau sering dikenal dengan bauran pemasaran (4P) diantaranya Product, Place, Price dan Promotion.

Lebih lanjut Muharam menjelaskan “Bertolak dari 4P tersebut, packaging (kemasan) merupakan bagian dari keempatnya dimana hanya dari packaging (kemasan) dapat mempengaruhi kualitas/mutu produk, harga produk, bagaimana strategi promosinya dan tujuan penempatan produk. Selain itu, market segmentation menjadi hal lain yang harus diperhatikan dimana mencakup segmenting, targeting dan positiniong. Tentu ketiga hal tersebut menjadi faktor yang menentukan bagaimana desain pengemasan.” jelasnya. (Direktorat Hms & Pro)