Berita

Divisi Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom Gelar Coaching OJS dan Akreditasi Jurnal Nasional

BANDUNG, UNIKOM – Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom kembali menggelar Coaching yang diikuti sebanyak 9 orang para pengelola jurnal tingkat universitas, fakultas, dan program studi, di Ruang 16.028 Lt. 16 Smart Building Unikom pada Jumat, 3 Juli 2020. Agenda kegiatan kali ini fokus pada Open Journal System (OJS) dan Akreditasi Jurnal Nasional dengan menghadirkan narasumber Leonardi Paris Hasibuan, M.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pengelola Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI).

Mengawali kegiatan, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, M.Si., selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom menyampaikan “Di tengah situasi pandemi ini dimana semua kegiatan terbatas tapi kita masih dapat berkativitas positif. Kegiatan ini merupakan coaching pengelolaan jurnal berbasis OJS dan persyaratan akreditasi nasional yang ditujukan bagi para pengelola jurnal yang belum dapat memaksimalkan jurnalnya dalam sistem OJS.” ujarnya.

Lebih lanjut, Poni menjelaskan mengenai manajemen jurnal menggunakan OJS, dimana OJS merupakan sebuah sistem manajemen konten berbasis web yang khusus dibuat untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah, dari proses penerimaan naskah, peer review hingga penerbitan dalam bentuk online. “Journal manager berperan mengatur aspek-aspek yang berhubungan dengan profil jurnal, tampilan, user dan lainnya. Selain itu, journal manager minimal terdiri dari satu user dan memiliki akses yang luas bahkan dapat login sebagai user lain yang bertugas sebagai Editor, Reviewer, atau Author.” jelasnya.

Memasuki agenda inti, pemaparan mengenai pengaplikasian OJS dalam sistem pengelolaan jurnal dijelaskan oleh Leonardi Paris Hasibuan, M.Kom., M.Eng., dimana sekaligus memandu para pengelola jurnal untuk praktek secara langsung mengelola OJS tersebut. Antusiasme positif ditunjukan oleh para pengelola jurnal yang mana berpartisipasi secara aktif dalam sesi diskusi terkait materi dan praktek yang disampaikan. Selanjutnya, agenda ditutup dengan sesi foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)