Berita

Dosen Unikom Menjadi Pembicara pada Research Coaching Clinic #2 2022 : “Strategi Lolos Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemdikbudristek 2022”

BANDUNG, UNIKOM – LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri mengundang salah satu Dosen Unikom Bapak Irawan Afrianto, S.T., M.T sebagai pembicara di acara  “Research Coaching Clinic #2 2022 - Strategi Lolos Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemdikbudristek 2022” , yang akan diadakan pada Rabu, 14 September 2022 Pukul 09.00 – 12.00 WIB secara daring melalui Aplikasi Zoom.

Research Coaching Clinic merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan oleh LPPM STT Terpadu Nurul Fikri untuk mengenalkan, meningkatkan budaya penelitian, serta mengembangkan potensi dosen dalam menulis karya ilmiah.

Menurut Irawan, pada dasarnya peneliti yang ingin mendapatkan dana hibah riset adalah peneliti yang mencari dan memanfaatkan informasi yang tersedia, baik itu melalui halaman resmi pemberi dana riset ataupun dari perantara. Beberapa skema hibah riset tidak selamanya dipublikasikan kepada masing-masing perguruan tinggi. Perlu usaha lebih dari peneliti untuk mencari informasi yang bersifat khusus tersebut.  Delapan siklus penelitian menurut Irawan 1) Pengumuman, 2) Pengusulan, 3) Penyeleksian/Penunjukan, 4) Penetapan, 5) Pelaksanaan, 6) Pengawasan, 7) Pelaporan, 8) Penilaian Luaran.

Coaching tersebut bertujuan 1) Mengembangkan budaya penelitian dan literasi ilmiah pada dosen dalam upayanya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi 2) Mengawal kegiatan penulisan penelitian dosen 3) Mendukung kegiatan penelitian dosen mulai dari penyusunan proposal hingga publikasi luaran penelitian. 4) Mengenalkan kesempatan hibah penelitian kepada dosen.  (Direktorat Hms & Pro)