Berita

Evaluasi Produktivitas Kerja: Dekan Fisip Unikom Gelar Rapat Daring

BANDUNG, UNIKOM -- TIDAK TERELAKAN, pandemi Coronavirus (COVID-19) yang tengah terjadi pada dunia saat ini, termasuk Indonesia, secara drastis kondisi ini telah mengubah kehidupan masyarakat di tahun 2020. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom sebagai salah satu bidang kerja di lingkungan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) turut merasakan perubahan tersebut. Social distancing menjadi hal yang penting untuk dilakukan semua pihak untuk memerangi pandemi secara bersama-sama. Hal ini juga yang dilakukan oleh Dekan Fisip Unikom, Para Dosen dan sekretariat di Lingkungan Kerjanya. Penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau dikenal dengan istilah Work From Home (WFH) untuk mengurangi tingkat persebaran virus pun diterapkan. Dengan segala kebebasan dan fleksibilitas yang diberikan kepada karyawan, WFH tentu akan mempengaruhi cara kerja seseorang, karena bukan hal yang tidak mungkin bahwa diperlukan penyesuaian terhadap perilaku bekerja setiap karyawan. Kemungkinan beberapa gangguan dapat lebih banyak datang ketika bekerja di rumah. Mulai dari suasana  bekerja yang kurang kondusif, hingga intensitas komunikasi dengan rekan kerja yang menurun.

Menindaklanjuti hal tersebut,  tidak ubahnya seperti yang telah dilakukan oleh  Rektor Unikom dan jajaran Pimpinan lainnya di Lingkungan Unikom, pada hari Rabu, 8 April 2020 Dekan Fisip Unikom, Prof. Dr. H. Samugyo Ibnu Redjo, MS.  pun melaksanakan rapat Daring dengan 24 orang dosen dan sekretariat dilingkungan kerjanya. Rapat yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Fisip, diawal pembicaraannya Dekan mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh Dosen dan Sekretariat pada rapat daring yang dilakukannya, Dekan juga menyampaikan harapan besar dan optimisnya bahwa ka Prodi dan para dosen di lingkungan Fisip Unikom akan melakukan tanggung jawab kerja masing-masing dengan optimal dan sesuai yang telah direncanakan, sehingga produktifitas kerja tetap berlangsung dengan maksimal, pertemuan ini adalah salah satu solusi untuk melakukan evaluasi produktifitas kerja dosen dan sekretariat di lingkungan Fisip Unikom, tuturnya. Melengkapi rapat hari itu, Dekan Fisip mensosialisasikan hasil Rapim di tingkat jajaran Rektorat dan Dekanat kepada para Dosen dan sekretariat yang hadir.

Dekan Fisip pun, memberikan kesempatan kepada para ka Prodi Di lingkungan Fisip Unikom untuk menyampaikan laporan kerjanya, terkait Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Proses Pengajaran, Penelitian, Pengabdian selama dilakukannya WFH, selain itu juga program kerja terkait Pembimbingan Skripsi, Seminar Usulan Penelitian dan lain sebagainya dibahas tuntas padarapat tersebut. Paparan ketua Program Studi diawali oleh Dr. Rismawaty, S.Sos., M.Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, dilanjutkan oleh Dr. Nia Karniawati, S,IP., M.Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan dan diahiri oleh paparan Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP., M.Si.

Selain paparan dari Ketua Program Studi, Dekan Fisip pun memberi kesempatan kepada dosen koordinator dan para dosen lainnya untuk memberikan laporan dan tanggapannya selama dilakukan WFH. Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS selaku dosen koordinator untuk pengadaan buku Pedoman Penulisan dan Pembimbingan Skripsi di Lingkungan Fisip Unikom pun memberikan tanggapannya terkait pertanyaan Kaprodi Hubungan Internasional tentang pendistribusian buku Pedoman Penulisan dan Pembimbingan Skripsi pada Semester genap TA 2019-2020 dengan kondisi WFH saat ini.

Rapat Daring Fisip Unikom yang berlangsung dengan lancar dan hangat pada hari itu, diakhiri dengan tanya jawab dan temu kangen melalui aplikasi online antara dekan dengan bapak/ibu dosen dan sekretarat di lingkungan Unikom setelah hampir 20 hari tidak bertemu. (Direktorat Hms & Pro)