Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom Menggelar Rapat Persiapan Akreditasi Program Studi D3 Akuntansi

BANDUNG, UNIKOM – Berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kebijakan Pengalihan Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ke Lembaga Akreditasi Mandiri, APS untuk Program Studi yang termasuk dalam lingkup kelima LAM berlaku ketentuan sebagai berikut: A) Perguruan tinggi (PT) masih dapat mengusulkan APS ke BAN-PT hingga tanggal 30 Maret 2022. B) APS yang dapat diusulkan sebagamana disebutkan pada butir 2.a adalah APS yang berakhir (kadaluwarsa) sebelum tanggal 1 Juli 2022. C) Terhitung sejak tanggal 31 Maret 2022, usulan APS tidak dapat lagi disampaikan ke BAN-PT dan harus disampaikan ke LAM. D) BAN-PT masih tetap melaksanakan perpanjangan peringkat akreditasi tanpa pengajuan bagi APS yang berakhir (kadaluwarsa) sebelum tanggal 31 Maret 2022. E). BAN-PT tidak lagi melakukan perpanjangan peringkat akreditasi tanpa pengajuan bagi APS yang berakhir (kadaluwarsa) terhitung sejak tanggal 31 Maret 2022, dan bilamana APS ini sedang dalam proses perpanjangan di BAN-PT, maka proses tersebut dihentikan.

Bertolak dari Press Release yang dikeluarkan oleh BAN-PT, Program Studi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom saat ini sedang melakukan persiapan guna Akreditasi, Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, SE.,M.Si.,Ak.,CA mengatakan “Di akhir tahun 2021 mulai adanya peralihan lembaga yang mengakreditasi dari BAN-PT ke lembaga Akreditasi Mandiri bidang ilmu Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi yang akan dimulai pada saat ini sedang masa transisi 3 bulan mulai dari januari sampai maret 2022.

Ely juga mengatakan jika akan melakukan Akreditasi masih bisa ke BAN - PT dengan syarat Laporan evaluasi diri dan Laporan Kinerja Program Studi dikirim paling lambat pada tanggal 30 Maret 2022 karena Program Studi Akuntansi habis masa Akreditasinya pada bulan April 2022, maka sesuai instruksi dari Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi dan Akreditasi  Assoc. Prof.  Dr. Ir. Herman S Soegoto MBA pada tanggal 5 Januari 2022. Maka akuntansi D3 harus melakukan Submit borang sebelum 30 Maret 2022 oleh karena itu tanggal 6 Januari sampai dengan saat ini sedang dalam proses persiapan, Ely menyebutkan yang harus dipersiapkan adalah 1) Laporan Evaluasi Diri 2) Laporan Kinerja Program Studi. Ely juga berharap agar program studi Akuntansi Diploma 3 dapat meraih hasil Akreditasi yang paling optimal yakni Unggul.

Senin 17 Januari 2022 Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, SE.,M.Si.,Ak.,CA mengundang Tim Akreditasi Fakultas untuk Presentasi Progres masing-masing kriteria Persiapan Penyusunan Laporan Akreditasi Fakultas untuk Program Studi  Akuntansi D3. Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi Akuntansi Adi Rachmanto, S.Kom.,M.Kom, Tim Akreditasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri dari Assoc. Prof. Dr. Siti Kurnia Rahayu, SE.,M.Si., AK.,CA,. Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST.,MT., dan Inta Budi Setya Nusa, SE., M. Ak.

Rapat tersebut diawali oleh Presentasi dari Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, SE.,M. Si.,Ak.,CA yang memaparkan tentang Kriteria Visi, Misi, Tujuan dan Strategi. Dilanjutkan oleh Assoc. Prof. Dr. Siti Kurnia Rahayu, SE.,M. AK.,CA memaparkan tentang Kriteria Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama. Dilanjutkan oleh Adi Rachmanto, S.Kom., M.Kom untuk mendiskusikan dan Presentasi kesiapan Penyusunan Borang di Program Studi. Lanjut Presentasi tentang Kriteria Sumber Daya Manusia oleh Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST.,MT dan terakhir presentasi kriteria Mahasiswa oleh Inta Budi Setya Nusa, SE., M. Ak.

Ketua Program Studi Akuntansi D3 Adi Rachmanto, S.Kom., M.Kom mengatakan “Persiapan akreditasi Prodi D3 Akuntansi dimulai dengan menentukan tim penyusun instrument akreditasi  yang terdiri dari tim penyusun LED (Laporan Evaluasi Diri) yang dipimpin oleh Dekan FEB, dan tim penyusun LKPS(Laporan Kinerja Program Studi) yang dipimpin oleh Kaprodi D3 Akuntansi. Pada saat ini tim penyusun LED masih mengisi mengenai kebijakan-kebijakan yang di Unikom dan di fakultas ekonomi & bisnis, sedangkan tim penyusun LKPS mengisi data-data kinerja yang ada di program studi Sampai saat ini, proses penyusunan dalam proses mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada pada tiap-tiap instrument akreditasi, ditarget kan pertengahan bulan februari, akan dilakukan konpilasi antara instrument LED dengan data LKPS”ungkapnya

Rapat tersebut akan dilaksanakan setiap hari Selasa setiap minggunya untuk terus melihat perkembangan Progres dari setiap kriteria dan semoga Tim Akreditasi Fakultas Ekonomi tetap semangat untuk mendukung Persiapan Akreditasi setiap Program Studi di lingkungan FEB. mohon doa nya kepada seluruh sivitas akademika Unikom agar Akreditasi ini berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang diharapkan Aamiin YRA. (Direktorat Hms & Pro)