BERITA

Fakultas Pascasarjana Unikom Gelar “Virtual Open Day Guna Mengenalkan Program Studi Magister Di Lingkungan Unikom

Senin, 26 April 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Jumat, 26 April 2021 Fakultas Pascarajana Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung menggelar “Virtual Open Day Fakultas Pascasarjana Unikom” guna memperkenalkan program studi yang ada di lingkungan Unikom. Nantinya peserta akan mendapatkan seputar profil program studi, informasi PMB, biaya pendidikan dan aka nada sesi diskusi bersama para panelis. Digelar secara virtual melalui Google Meet Pukul 13.00 – 14.30 WIB. Acara dipandu oleh moderator sekaligus Dosen Program Studi Magister Sistem Informasi, Geraldi Catur Pamuji, M.Kom. Turut hadir sebagai panelis pada gelaran tersebut Dekan Fakultas Pascasarjana Unikom Dr. Rahma Wahdiniwaty, M.Si. Ketua Program Studi Magister Manajemen Dr. Deden A. Wahab. Sya’roni, M.Si. Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T. Ketua Program Studi Magister Desain Dr. Wanita Subadra Abioso, M.T. serta Dosen dilingkungan Fakultas Magister Unikom.

Rahma Wahdiniwaty menyampaikan pada kesempatan tersebut “kami ingin memperkenalkan Fakultas Pascasarjana Unikom dan nantinya kami akan memberikan gambaran melalui presentasi bagaimana kondisi Fakultas Pascasarjana Unikom selama ini. Untuk diketahui bahwa program studi magister semua nya ada dalam satu naungan Fakultas Pascasarjana Unikom tidak tergabung dengan Fakultas di masing – masing program studi strata satu (S1)”  Rahma Wahdiniwaty menjadi yang pertama memberikan materi tentang gambaran Fakultas Pascasarjana Unikom yang menyebutkan Fakultas pasca sarjana Universitas komputer Indonesia Unikom menyelenggarakan pendidikan tinggi program magister yang berbasis ICT (Information Communication and Teknologi) dan enterpreneurship yang mencakup program studi magister manajemen dan magister sistem informasi dan magister desain Ketiga program studi tersebut merupakan bagian penting dalam pengembangan dan pendalaman pengetahuan dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman dan daya Nalar setiap peserta didik untuk memperoleh spesialisasi peningkatan dan memperdalam pengetahuan peningkatan karir dan kesuksesan dalam membangun dan mengembangkan bisnis semua bidang ilmu pengetahuan akan didasarkan pada informasi teknologi sebagai keunggulan Unikom sehingga menghasilkan lulusan magister yang unggul dan menjadi sumber daya manusia yang handal serta mampu bersaing baik tingkat nasional maupun internasional”ujarnya

Dr. Deden A. Wahab. Sya’roni, menjadi pemateri kedua menjelaskan tentang Program Studi Magister Manajemen memasuki semester tiga para mahasiswa akan diperkenankan untuk memilih konsentrasi mata kuliah yang terdiri dari lima konsentrasi yaitu, 1) Human Resources, 2) Marketing, 3) Enterpreneurship, 4) Information System Management, dan 5) Financial Management. Disamping perkuliahan tidak hanya perkuliahan di kelas saja akan tetapi program studi magister manajemen mencoba membangun atsmosfir keilmuan, atmosfir akademis kemudian bagaimana interaksi antara dosen dan mahasiswa adanya kegiatan Benchmarking Study seperti yang pernah dilakukan mengunjungi UGM, UNDIP, UII. Tidak hanya itu Program Studi Magister Manajemen berusaha mengimplementasikan keilmuan yang diberikan kepada mahasiswanya untuk mempraktekan pada dunia kerja, pada perusahaan besar dan usaha kecil.

Wanita Subadra Abioso melanjutkan materi ketiga tentang Program Studi Magister Desain, Secara umum desain adalah seni membangun suatu objek beragam bidang tempat desain digunakan di hampir semua objek dapat dibuat oleh manusia meliputi persiapan serta rencana untuk konstruksinya. Apabila anda adalah sarjana Strata 1 yang seringkali didorong oleh perasaan sekaligus keinginan untuk menciptakan suatu karya yang indah dan praktis anda berada di tempat yang tepat Sebaiknya anda segera bergabung dengan program studi strata 2 magister desain dan disinilah tempat yang tepat program studi magister desain MDS fakultas pasca sarjana Universitas komputer Indonesia konsentrasi studi selaras dengan visi dan misi Unikom Enterpreneur dan yang mendasari ada tiga point 1) Teori Desain, 2) Desain Komunikasi Visual dan 3) Desain interior.

Yeffry Handoko Putra menjadi pemateri terakhir menyampaikan tentang Program Studi Magister Sistem Informasi. Menurutnya keilmuan yang ada pada Magister Sistem informasi meliputi beberapa aspek seperti, 1) IS Management, 2) Knowledge Management, 3) IS Governace, 4) IS Strategy dan 5) IS Audit. Kemudian kajian manajemen sistem informasi seperti 1) Transportasi, 2) Fintech, 3) Sektor Strategis, 4) Insfrastruktur, 5) Manufaktur, 6) SDM, dan 7) Aplikasi Massa. Untuk masa kuliah pada magister sistem informasi, masa perkuliahan tiga semester kuliah dan satu semester tesis, kurikulum disesuaikan berdasarkan kurikulum APTIKOM dan SACA.

Sistem perkuliahan di Fakultas Pascasarjana dibuka dalam 3 Kelas yaitu, Kelas Reguler : Senin s/d Kamis (08.00 WIB – 12.00 WIB Kelas Afternoon : Senin s/d Kamis (18.30 WIB – 21.00 WIB) Kelas Executive  : Jum’at (18.30 WIB – 21.00 WIB) dan Sabtu (07.30 WIB – 17.00 WIB). Semoga dengan adanya kegiatan tersebut menambah pengetahuan khususnya bagi calon mahasiswa magister di lingkungan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal - 1442
Rabu, 12 Mei 2021
Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jalin Kerjasama Dengan Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)
Jumat, 07 Mei 2021
Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Jalin Kerjasama Dengan Universitas Esa Unggul (UEU)
Rabu, 05 Mei 2021