Berita

Fakultas Sastra Unikom Gelar Webinar Bertajuk “Meretas Batas-Batas Cakrawala”

BANDUNG, UNIKOM – Sabtu, 22 Agustus 2020, Fakultas Sastra Unikom menggelar webinar dengan tema “Meretas Batas-Batas Cakrawala” melalui aplikasi google meet. Kegiatan tersebut digagas oleh Fakultas Sastra Unikom sebagai bentuk kegiatan kemahasiswaan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dimana bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa Fakultas Sastra untuk belajar lebih baik dan lebih luas wawasan mengenai prospek mereka di dunia kerja. Sekaligus mampu melihat kaitan ilmu yang mereka pelajari dengan hal-hal yang mereka perlukan di dunia kerja.

Sebanyak 150 orang peserta yang terdiri dari kalangan dosen, pengajar, mahasiswa baik di lingkungan Unikom dan berbagai institusi di Indonesia menanggapi positif adanya kegiatan tersebut. Memasuki agenda inti kegiatan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya masing-masing diantaranya: 1) Heru Erlangga, S.S., sebagai Japanese Interpreter di PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM), yang menyampaikan pengalamannya sebagai seorang interpreter dan penerjemah professional. 2) Vivi Yuliani, S.S., berprofesi sebagai full time translator di VEI. Dutch Water Company, yang memaparkan akan pentingnya untuk terus mengasah diri baik saat kuliah dan juga pada saat di dunia kerja, 3) Yoza Ahmad Adidaya, M Phil, sebagai communication Specialist di Rakuten Inc, yang menjelaskan beberapa poin penting yang perlu dalam dunia kerja. Pertama pengalaman, kuasai Bahasa asing, pelajari budaya baik budaya sendiri dan budaya asing., dan 4) Vira Kintan, S.S., Sales Administration di Horison Ultima Bandung Hotel, yang menyampaikan terkait pentingnya belajar kritik sastra.

Dosen Fakultas Sastra Unikom, Tatan Tawami, S.S., M.Hum., sebagai pemandu acara dan Muhammad Rayhan.S.S, M. Hum., yang bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut menjadi pelengkap kemeriahan gelaran webinar tersebut. Secara resmi kegiatan dibuka oleh Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, yang menuturkan bahwa  kegiatan webinar tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. “Selain itu, mengenai webinar tersebut diharapkan mahasiswa Fakultas Sastra Unikom khsusunya memilikin wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja. Selanjutnya hal itu dapat memotivasi mereka untuk belajar dan berkarya lebih lagi. “ ujarnya.

Sementara itu, Dr. Juanda, M.Pd., selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan “Kegiatan webinar sebaiknya dilaksanakan secara rutin sehingga dapat menjalin jejaring antara mahasiswa dan alumni. Mahasiswa menjadi lebih termotivasi untuk mengembangkan diri dan membuka wawasan mengenai jenis-jenis pekerjaan yang dapat dilakukan sebagai lulusan Fakultas Sastra.” ungkapnya. (Direktorat Hms & Pro)