BERITA

Film Animasi Unikom Raih Penghargaan Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2018

Jumat, 02 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Setelah menjadi Nominator di ajang Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2018, Divisi Animasi dan Multimedia Unikom patut berbangga hati karena salah satu karyanya yakni Film Animasi “Super Neli: Nenek Lincah yang Menjadi Super Hero Session 1” berhasil meraih penghargaan dari gelaran tersebut. Penghargaan secara langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil kepada Robby UL Pratama, Ketua Divisi Animasi dan Multimedia Unikom dalam momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Upacara Gedung Sate Bandung, Senin (29/10/2018).

Film animasi yang digarap bersama PT Ayena Mandiri Sinema/Ayena Animation Studio menjadi film animasi pertama Unikom yang proses produksinya melibatkan puluhan orang dari kalangan profesional, mahasiswa, dan alumni Unikom. Film ini bercerita tentang seorang Nenek bernama Neli yang berusia 75 tahun, dimana tokoh tersebut memiliki kekuatan super. Uniknya, karakter Nenek yang menjadi superhero mengambil latar belakang tanah sunda dan Jawa Barat, bahkan bahasa yang digunakan dalam pengisian suara adalah Bahasa Indonesia dan Sunda walaupun jenis film ini adalah slapstick/nondialog sehingga memberikan nilai inovasi tersendiri.

Film animasi Super Neli berhasil unggul dari 9 proposal lainnya yang sudah diterima oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara. Pencapaian kali ini telah menambah daftar penghargaan untuk salah satu karya Divisi Animasi dan Multimedia Unikom, karena di tahun 2011 Super Neli dinobatkan sebagai The Best Story of ANIMASINDO dan ASEAN Character Award JAPAN tahun 2015. Robby menuturkan, karya inovasi dari pemenang Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2018 rencananya akan diabadikan dalam bentuk museum digital dan diikutsertakan dalam Pameran Inovasi Jawa Barat yang  akan digelar setiap tahun dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan hasil karya inovasi Jawa Barat kepada masyarakat luas. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi  Lowongan Pekerjaan Scriptwriter & Specialist 2D Animator  - Unikom Kreasi Media
Kamis, 15 November 2018
Tim Arundati Unikom Juara I Nasional di Ajang Workshop Komunrindo - Kombat 2018/2019
Kamis, 15 November 2018
Fakultas Hukum Unikom: Bangun Produktivitas Mahasiswa dalam Berkarya
Kamis, 15 November 2018