BERITA

Fisip Unikom Menumbuhkan Semangat Produktif Millenial di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 18 Mei 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Perkembangan teknologi yang saat ini berada di era revolusi industri 4.0 tentunya memiliki kaitan yang erat dengan generasi millennial, dimana teknologi menjadi bagian penting dalam pengembangan pencapaian mimpi para pemuda. Namun, di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini tengah melanda Indonesia khususnya Jawa Barat tentunya membatasi gerak generasi millennial untuk melakukan kegiatan yang produktif dan bermanfaat, Berdasarkan hal tersebut, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia, merancang sebuah kegiatan yang dinamakan [BARAYA FISIP] “Ngabuburit Sareng Barudak FISIP”.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan FISIP Festival 2020. Dimana seluruh rangkaian dari acara FISIP Festival 2020 ini merupakan hasil dari persatuan tiga program studi di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unikom diantaranya Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, dan Program Studi Ilmu Pemerintahan. Mengusung tema besar Ant Evolution of Millenial MMXX Ant Evolution of Millenial MMXX, diskusi online yang digelar via Live Instagram tersebut diikuti oleh sebanyak ±138 peserta baik dari kalangan mahasiswa Unikom dan masyarakat umum.

Digelar pada Kamis, 14 Mei 2020 pukul 15.00 – 16.20 WIB, kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan Chova sebagai narasumber. Adapun materi yang disampaikan mengenai “Mempersiapkan generasi millennial yang produktif untuk mencapai perubahan pasca Pandemi COVID-19 di Indonesia”. Melalui kesempatan tersebut Hengky menyampaikan bahwa dalam mendukung anak muda mendapatkan peran baik di bidang bisnis atau bahkan politik maka pemerintah harus memberikan ruang untuk kreatifitas anak muda.

“Pemerintah senantiasa memfasilitasi anak muda salah satunya dengan memberikan pelatihan atau ruang diskusi sesuai dengan ketertarikan di bidangnya masing-masing. Saya harap anak muda jangan putus asa meski berada dalam pandemi COVID-19 ini, ciptakanlah hal yang kreatif, inovatif dan fokus mencari peluang atas mimpi yang telah dirangkai.” ujarnya.

Albert Januar Christian selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut diantaranya: 1) Menjalin kolaborasi dan sinkronisasi antar mahasiswa dan masyarakat umum yang saat ini banyak melakukan kegiatan dari rumah agar tetap produktif dan mengalami perubahan gaya hidup yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 di Indonesia., dan 2) Menanamkan nilai-nilai sosial serta sikap empati, dan nasionalis dalam lingkup sosial yang lebih maju dan bertanggung jawab serta membangun karakter individu yang memiliki daya juang dan jiwa kompetitif, sehingga siap menghadapi “The New Normal Life”.

Lebih lanjut Albert menyampaikan “Diskusi online ini dibuat dengan harapan agar orang-orang muda (kaum millennial) tetap mampu meningkatkan kapasitas dirinya dan menumbuhkan minat positif meski sedang berada di tengah pandemi. Maka dari itu kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk menumbuhkan kembali semangat sebagian orang muda dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Saya berpesan bagi seluruh kaum millennial dimanapun berada, mari kita gunakan waktu-waktu ini dengan baik, dengan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, menggali potensi diri, mengembangkan potensi diri, mulai bertindak lebih untuk orang banyak dan bukan hanya untuk mementingkan diri sendiri. Mempersiapkan diri disaat-saat seperti ini agar menjadi orang muda yang memiliki added values adalah hal yang wajib dikerjakan oleh kaum millennial, sehingga kita tidak akan terkejut saat satu hari nanti kita harus berhadapan dan menjadi terbiasa dengan “The New Normal Life”. Because it’s the time for a generation rising up for one day take their place with a selfless heart for others and nation.” jelasnya. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H
Sabtu, 23 Mei 2020
Prof. Eddy dimata Sahabat | Jejak Sang Guru Besar | Eddutainment UNIKOM
Sabtu, 23 Mei 2020
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus - 21 Mei 2020
Kamis, 21 Mei 2020

Mei 2020