Berita

Himpunan Pengusaha Muda (Hipma) Unikom Gelar Webinar Nasional Entrepreneur Day's Out Festival (Edofest) 2021

BANDUNG, UNIKOM - Entrepreneur Day's Out Festival (EDOFEST) yang di sponsori oleh Inez Cosmetics, kegiatan ini berupa webinar nasional selama tiga hari yang dilaksanakan pada hari Jumat - Minggu tanggal 20 - 22 Agustus 2021. Dimana hari pertama webinar di isi oleh pemateri Andrew Rian Pamungkas (Director of Cartenz Group) yang mengangkat tema materi “Creative strategy in maintaining business in times of pandemic”. Hari kedua di isi oleh Bong Affand (Founder Baleomol.com) yang mengangkat tema "Creative in marketplace marketing and Digital marketing strategy during the pandemic". Dan hari ketiga di isi oleh Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E., M.Ak., Ak.,CA (Direktur Quality Assurance Universitas Komputer Indonesia) yang mengangkat tema materi “Creative in Planning and Managing Finances During a Pandemic”. Kegiatan ini di ikuti oleh 101 peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Muhammad Fadhil Aflakh Zakka selaku Ketua Pelaksana Acara menuturkan “Pandemi covid-19 masih melanda Negara kita Indonesia sudah banyak juga negara-negara yang dapat dapat mengatasi pandem ini, namun jika kita melihat kondisi di Indonesia banyak sekali kesulitan yang dihadapi oleh para pengusaha seperti di saat inilah para pengusaha harus menambahkan inovasi saat ini juga pula para pengusaha harus bisa lebih kreatif dalam mengatur strategi marketing nya dalam mengatasi situasi pandemic Covid – 19”ungkapnya

Dr. Dewi Kurniasih, S.IP., M.Si mengatakan bahwa “Pembelajaran kita di lingkungan Perguruan Tinggi masih dilaksanakan secara daring tetapi sepertinya tidak menurunkan semangat dari pada anak-anak muda yang saya banggakan untuk tetap mencari ilmu dan pengetahuan serta apapun yang bermanfaat seperti kegiatan kita yang akan dilakukan selama tiga hari. Dewi mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang bertugas yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik. Lebih lanjut, Dewi meyakini bahwa para narasumber ini akan menyampaikan hal-hal yang diperlukan terkait dengan bagaimana menjadi seorang entrepreneur terutama yang terkenal pada zaman now (sekarang)”ucap Dewi

Memasuki hari pertama webinar di isi oleh Andrew Rian Pamungkas (Director of Cartenz Group) yang mengangkat tema materi “Creative strategy in maintaining business in times of pandemic”.menurutnya monitoring pajak daerah dari ZEEPos – EFD sangat baik diterapkan kareana EFD adalah sebuah alat yang berguna untuk merekam transaksi wajib pajak, restoran, dan café secara real time. EFD menjadi solusi yang berkomperhensif bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan efisiensi administrasi serta membantu meningkatkan penerimaan pajak daerah. Solusi tersebut sudah termasuk penyediaan Hardware, Software, dan analitik pelaporan, lebih lanjut ia mengatakan saat ini kurang lebih 70 Kota/Kabupaten telah mengimplementasi EFD yang tersebar di Indonesia dan mayoritas di pulau Jawa”pungkasnya

Hari kedua di isi oleh Bong Affand (Founder Baleomol.com) yang mengangkat tema "Creative in marketplace marketing and Digital marketing strategy during the pandemic" menurutnya banyak pembisnis hanya belajar teori – teori saja tidak ada pola pikir yang benar sehingga bisnis tidak akan bertumbuh juga, karena apapyun itu jika pola pikirnya tidak berjalan tidak akan berjalan juga bisnis yang akan kita buat. Boong Affand membagikan tips atau rumus berbisnis agar sukses 10 Trafik, 2) Menarik, dan 3) Trusted.”tandasnya

Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E., M.Ak., Ak.,CA (Direktur Quality Assurance Universitas Komputer Indonesia) yang mengangkat tema materi “Creative in Planning and Managing Finances During a Pandemic” menjadi pembicara pada hari terakhir ia menmbagikan mengelola keuangan terbaik untuk bisnis yang sedang dirintis 1) Memisahkan Keuangan bisnis dengan keuangan pribadi, 2) Mencatat keuangan dengan benar, 3) Mengenal perbedaan biaya variable dan biaya tetap, 4) Manajemen arus kas dan perusahaan, 5) Gaji Vs Profit. Tidak hanya Ia menyebutkan keuntungan memisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi 1) mempunyai data untuk mengevaluasi bisnis, 2) mengetahui kesehatan keuangan pribadi dan keuangan bisnis 3) mampu bertanggung jawab terhadap stakeholder.”pungkasnya

Usaha yang baik merupakan usaha yang mempunyai ciri nilai jual yang tinggi. Nilai jual ini bisa dikarenakan adanya berbagai gagasan unik ketika mendirikan bisnis. Nilai jual tersebut nantinya akan berhubungan langsung dengan pasar. Tentunya, suatu produk yang mempunyai nilai jual tinggi pun memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. (Direktorat Hms & Pro)