BERITA

Jelang Kompetisi Internasional, Tim Codelabs Unikom Dapat Dukungan Langsung dari Kominfo RI

Jumat, 08 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Tim CodeLabs Unikom akan kembali mengibarkan sayapnya di kompetisi level internasional yakni Imagine Cup Asia Regional Final 2019 yang berlangsung di Sydney, Australia pada 9-14 Februari 2019. Pencapaian yang diraih, tidak terlepas dari kerja sama tim dan dukungan penuh yang diberikan Unikom serta apresiasi berbagai pihak salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara S.Stat., MBA.

Tim CodeLabs Unikom berkesempatan memenuhi undangan menteri tersebut melalui sebuah pertemuan di Gedung Kemenkominfo Jakarta, Senin (4/2/2019) yang turut dihadiri pihak Microsoft dan siswa pemenang ajang Minecraft Asia Pasific. Melalui pertemuannya, Tim CodeLabs Unikom mempresentasikan bentuk inovasi yang akan dibawanya ke Sydney yaitu aplikasi ‘Sellution’. Aplikasi karya Muhammad Naufal, Monica Adela, dan Satria Adi Putra bermanfaat bagi kaum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia dalam membuat teks promosi atau konten-konten marketingnya di media sosial.

Seperti dilansir kominfo.go.id, Rudiantara memberikan apresiasinya dan mengungkapkan, “Selamat dan sukses untuk teman-teman dari Unikom Bandung yang akan ikut Imagine Cup di Sydney, mereka terpilih sebagai satu-satunya dari ribuan aplikasi yang di review langsung oleh Microsoft Indonesia hingga mewakili negara kita mengikuti Imagine Cup,” ucap Rudiantara yang dikutip dari siaran persnya. 

 Harapan pun disampaikan Menteri Rudiantara agar prestasi dan karya anak bangsa harus tetap ditingkatkan hingga ke tingkat internasional. Maka, Kominfo RI telah menyiapkan program Digital Talent Scholarship yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia khususnya dalam hal teknologi.

Sementara itu, Mentor Tim CodeLabs Unikom juga Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom, Adam Mukharil Bachtiar S.Kom., M.T,  mengatakan bahwa aplikasi Sellution ini memanfaatkan teknologi big data dan mesin burning sehingga dapat membantu UMKM untuk menjalankan teks promosi kepada sasaran pelanggannya dengan lebih mudah.

“Secara garis besarnya, kita menciptakan sebuah produk yang bisa digunakan oleh para UMKM di Indonesia untuk membuat teks promosi atau konten marketing agar lebih bagus dan mudah, kita juga bisa membantu para UMKM untuk mengantarkan teks promosi yang mereka buat ke orang yang tepat dan menjadi proses pembelajaran bagi pelaku UMKM,” pungkas Adam. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019