Berita

Kajian Online Majelis Ta’lim Asfiyatun Nisa Unikom : “Ikuti Maunya Allah”

BANDUNG, UNIKOM – Yayasan Science & Technology melalui Majelis Ta'lim Ashfiyatun Nisa Unikom menggelar Kajian Online bertajuk “Ikuti Maunya Allah” pada Jumat, 7 Oktober 2022. Gelaran rutin yang digelar setiap minggunya dihari Jumat tersebut menjadi satu bentuk dukungan Unikom bagi seluruh sivitas akademika Unikom guna memotivasi dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai langkah menjadi pribadi yang lebih baik.

Dr. Hj. Dewi Kurniasih, M.Si., yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Science & Technology dan Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT. yang selalu mendukung berjalannya program Majelis Ta’lim Ashfiyatun Nisa. “Secara rutin Majelis Ta’lim Ashfiyatun Nisa akan menggelar kegiatan yang bermanfaat diantaranya Kajian Online dan Pengajian Rutin, semoga melalui kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan satu langkah manfaat bagi kita semua.” ujarnya.

Salah satu persoalan hidup manusia adalah kurang pandai bersyukur, kurang sabar, dan mudah depresi. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan sebuah doa sebagai berikut, “Ya Allah, jadikanlah aku orang yang pandai bersyukur kepada-Mu, dan  sabar menerima cobaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah aku kecil dalam pandanganku sendiri, tetapi besar dalam pandangan orang lain.” (HR Al-Bazzar dari Buraidah)

Membahas tema yang diangkat, agenda inti dalam kegiatan tersebut menghadirkan Ustadz Dedi Hariadi LC. Yang menjelaskan mengenai “Ikuti Maunya Allah”. Pahami apa yang Allah inginkan dan Ikuti apa yang Allah inginkan dari kita. Bahwa hidup senantiasa diwarnai dengan suka dan duka, lapang dan sempit, bahagia dan air mata, senantiasa dua warna tersebut silih berganti mengisi hari – hari kita. Semua akan Allah berikan silig berganti dikehidupan kita karena Allah mengatakan

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan hidup dan hanya kepada kamilah kamu pulang” (QS. AL Anbiya, 35)

Lebih lanjut Ustadz Dedi menyampaikan bahwa Ridho itu adalah meyakinkan hati bahwa apapun yang terjadi dikehidupan kita itu adalah bagian terbaik yang Allah berikan.

“Kalo Allah sudah berkehendak maka akan terjadi dan yang terjadi itu pasti mengandung hikmah dan kata Allah hikmah itu kebaikan yang banyak. Apapun yang terjadi itu adalah kehendak Allah SWT.”ungkapnya Menuntut ilmu adalah amalan yang diwajibkan bagi setiap Muslim. Selain bernilai pahala, menuntut ilmu juga memiliki banyak keutamaan. Diriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim) Sejatinya, ilmu bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya melalui majelis ilmu. Dengan menghadiri majelis ilmu, seorang Muslim bisa mempelajari agama Allah dengan baik dan benar.(Direktorat Hms & Pro)