Berita

King Sejong Institute Bandung Gelar Wisuda Online 2021

BANDUNG, UNIKOM - King Sejong Istitute (KSI) adalah sebuah lembaga pelatihan Bahasa dan kebudayaan Korea yang langsung dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Korea Selatan. KSI menyediakan kelas kursus Bahasa Korea bagi siapapun yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Korea dengan pengajar langsung dari Korea. Sebanyak 159 orang siswa/I King Sejong Institute (KSI) Bandung mengikuti wisuda online melalui aplikasi zoom pada hari Jumat, 9 Juli 2021. Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk keberhasilan para siswa yang telah menempuh pendidikan kursus di King Sejong Institute Bandung.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Unikom Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T. Prof. Park Jihyun selaku Penanggung Jawab KSI Bandung, Dr. Inta Budi Setya Nusa, S.E., M.Ak., selaku Direktur Internasional Program dan Kerjasama Unikom, Ketua Yayasan STIE Dharma Agung Cikarang H. Farid Maulana, S.E., Wakil Ketua II - STIE Dharma Agung Cikarang  Dini Jaya Anggraini, S.AP.,M.Ak., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Sumber Daya dan Kerjasama - International Woman University Dr. Dadang Munandar, S.E., M.Si, Bagian program kerjasama dan fakultas biology dari UNSOED Romanus Edy Prabowo,  S. Si.,  M.Sc.,  P. Hd, Dosen senior UNDIP dan direktur viva collage Dr.  AB Susanto. Serta para pengajar dan sekretariat KSI Bandung.

Agus Riyanto, dalam sambutan menyampaikan bahwa acara wisuda ini menunjukkan keberhasilan Siswa/i King Sejong Institute dalam menempuh belajar bahasa Korea. Saya sangat mengapresiasi sekali kepada siswa/i  para wisuda KSI ditengah pandemi Covid - 19 ini masih tetap semangat belajar bahasa Korea melalui belajar secara online. Ucapan selamat kepada pengajar KSI dan pihak keluarga wisuda KSI yang telah berhasil meluluskan 177 wisuda KSI. Agus berharap agar kedepan para siswa/i  yang wisuda dapat lebih meningkatkan lagi kemampuan dan skill nya dalam berbahasa Korea. Selain bahasa juga dapat mengenal budaya Korea lebih dalam lagi.”ungkap Agus

Sementara itu, Prof. Park Jihyun pun memberikan ucapan selamat kepada para siswa yang telah berhasil menempuh pendidikan di KSI Bandung. Melalui kesempatan tersebut, beliau mengatakan “Saya sangat penasaran bagaimana keadaan kalian saat memulai (pembelajaran di KSIB). ada perasaan senang yang saya rasakan karena di tengah-tengah banyaknya kasus Covid - 19 yang membosankan ini kita melewatinya bersama sembari berjuang dalam melakukan pembelajaran, saya merasa sedang memerangi Covid - 19 bersama-sama dengan kalian semua sambil sama-sama meningkatkan Bahasa korea dan yang terpenting, saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena kalian menghadiri upacara wisuda ini dalam keadaan sehat.”ungkap Prof. Park Jihyun

Pada kesempatan tersebut, 14 orang siswa/i berhasil meraih nilai tertinggi diantaranya: Hanifah, Yuni Wahyuni Kartika, Devina Chintya, Nur Kamisah, Friska Rensia, Lanovia Ingryanti Ardenny, Jessica Cindy Calista, Vincent Antonius, Everina Hansa, Havel Marchel Caroline, Rajwa Nurhafizha, Theresia Kurniawati, Rida Eka Nabila, Tantri Wrahastati. Melengkapi agenda kegiatan, kesan positif disampaikan oleh para peserta wisudawan dimana masing-masing diberikan kesempatan untuk mengungkapkan kesan pesan terkait pengalamannya menempuh pendidikan di KSI Bandung melalui sebuah tayangan video. Selanjutnya, menutup kegiatan dilakukan foto bersama guna dokumentasi dengan menampilkan gift dan  buku KSI yang telah dikirimkan oleh tim KSI Bandung kepada para wisudawan sebagai bentuk kenang-kenangan. (Direktorat Hms & Pro)