BERITA

Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom Kembali Berkiprah di Protocol Fair 2018

Jumat, 30 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Gelar juara dua berhasil dikantongi Yusi Aysa, anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom juga mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dalam perlombaan news presenter Protocol Fair 2018. Kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun oleh KPM Universitas Padjadjaran (Unpad) berlangsung selama 3 hari sejak 16-18 November 2018 di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad dengan serangkaian agenda menarik seperti seminar, workshop, serta perlombaan MC keprotokolan dan news presenter sebagai agenda pamungkas yang diikuti ± 65 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Yusi mengungkapkan kegiatan ini mampu memperluas wawasannya bidang jurnalistik terutama saat tampil di layar televisi sebagai news presenter dan news reporting, terlebih motivasinya semakin terpacu karena di Protocol Fair tahun lalu KPM Unikom juga berhasil menorehkan prestasi sebagai juara tiga. “…dari kegiatan ini saya banyak belajar tentang bagaimana tampil di televisi menjadi seorang news presenter dan memilih konten berita untuk disampaikan kepada masyarakat pada news reporting, tentunya pencapaian yang diraih tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak karenanya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unikom, Direktur dan Staf Direktorat Humas dan Protokoler Unikom yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk tampil menjadi MC pada berbagai acara yang dilaksanakan di Unikom. Prodi Ilmu Komunikasi dimana saya menimba ilmu dan Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom atas dukungan dan kebersamaannya, serta seluruh pihak lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu,” ujar Yusi.

Selain Yusi, KPM Unikom turut mendelegasikan beberapa anggota lainnya untuk unjuk kebolehan dan menambah pengalaman mengikuti Lomba MC Keprotokolan dan News Presenter, antara lain: 1) Ade Saparudi (Program Studi Ilmu Hukum); 2) Niddy Ambar Katresna (Program Studi Ilmu Komunikasi); dan 3) Jofan Muliawan Putra (Program Studi Ilmu Komunikasi). Berbeda dengan tahun sebelumnya, lomba news presenter kali ini terbagi menjadi dua tahap penyeleksian yakni tahap penyisihan dan final. Sebanyak 8 peserta lolos di tahap penyisihan untuk tampil di final dengan konsep seorang Reporter, dimana 3 diantaranya berasal dari KPM Unikom, yakni: 1) Ade Saparudi; 2) Yusi Aysa; dan 3) Niddy Ambar Katresna.

Sementara itu, pelaksanaan lomba digelar dalam bentuk formal membacakan nasakah MC yang disediakan panitia meliputi beberapa bingkai berita, diantaranya: 1) Olahraga; 2) Ekonomi; 3) Pendidikan; 4) Korupsi; dan 5) Bencana Alam. Salah satu delegasi KPM Unikom, Jofan, yang membacakan berita pendidikan menilai bahwa kegiatan ini dapat mengembangkan dan mengolah kemampuan dirinya khususnya di bidang MC dan news presenter karena disaksikan langsung oleh dewan juri yang kompeten. antara lain: 1) Heppy Chandrayana, M.I. Kom (MC Istana Negara Republik Indonesia); 2) Effi Affiyanti, S.S. (Kasubag Fasilitasi Tamu dan Undangan Protokol Pemprov Jawa Barat); 3) Dra. Wina Erwina, MA (Dosen Fikom Unpad); 4) Raymond Kaya (Produser EMTEK Group); 5) Fristian S. Griec (News Presenter Kompas TV); dan 6) Frisca Clarissa (News Presenter Kompas TV).

Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi momentum tepat bagi KPM Unikom untuk memperoleh kesempatan dan pengalaman berharga serta mampu meningkatkan motivasi untuk terus belajar dan aktualisasi diri. Sehingga KPM Unikom semakin siap bersaing dan berkompetensi dengan berbagai perguruan tinggi tingkat nasional maupun internasional di bidang keprotokolan. (Direktorat Hms & Pro).

Emtek Goes to Campus Gelar Sharing Session di Unikom
Senin, 10 Desember 2018
Partisipasi Unikom dalam Forum Group Discussion (FGD) KPID Jawa Barat
Sabtu, 08 Desember 2018
Dukung Mahasiswa Unikom di ASEAN University Games 2018
Sabtu, 08 Desember 2018

Februari 2019