BERITA

KPM Unikom Ajak Mahasiswa Bangun Konsep Diri dan Tingkatkan Kemampuan Diri

Rabu, 27 November 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM - Gelaran pamungkas Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom yang mengusung konsep Protocol Speak Competition (Prostion) #2.0 dengan tema “It’s time for young generation to speak up” sukses berlangsung di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Sabtu (23/11/2019). Kegiatan yang digadang menjadi agenda terakhir KPM Unikom di kepengurusan tahun 2018/2019, dihadiri ± 150 peserta yang merupakan mahasiswa Unikom dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung.

Prostion #2.0 terdiri dari rangkaian kegiatan mulai dari lomba news presenter hingga seminar ‘self development’. Menurut Nurul Aini Ramadhani, selaku Ketua Pelaksana, bahwa Prostion merupakan agenda rutin tahunan KPM Unikom yang selalu diisi dengan perlombaan dan seminar. “…kami telah melaksanakan babak penyisihan untuk lomba news presenter pada bulan Oktober 2019 lalu, dimana dari tujuh belas peserta yang mengikuti lomba terpilih sembilan finalis yang berhak melaju ke final yaitu bersamaan dengan hari pelaksanaan seminar self development,” tuturnya.

Mengenai tema yang diusung pada seminar kali ini, Nurul berharap besar generasi muda khususnya peserta yang hadir dapat mengambil bagian untuk menjadi pribadi yang penuh semangat dalam mengembangkan diri ke arah lebih baik, melalui kreativitasi, inovasi, dan berani tampil di depan umum guna memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitar. Hal senada juga diungkapkan Sdr. Jofan Muliawan Putra selaku Ketua KPM Unikom, bahwa di akhir masa kepengurusannya, ia bersama tim panitia KPM Unikom ingin menjadikan kegiatan ini sebagai ajang diskusi dalam membentuk konsep diri yang baik dari berbagai sudut pandang.

Kegiatan yang resmi dibuka oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, menghadirkan para pembicara kompeten di bidangnya dengan latar belakang yang beragam, antara lain: 1)  David Rizal (News Anchor Liputan 6 SCTV); 2) Nurul Bashirah (Puteri Muslimah Indonesia 2019); 3) Mariska S. Rompis, M.Psi, (Clinical Psychologist Healed.id); dan 4) Gina Mardiana, (Founder & CEO Healed.id). Masing-masing dari pembicara, membagikan beragam materi menarik dan tentunya bermanfaat.

Mengenai kegiatan ini, Desayu menyampaikan bahwa untuk mengasah keahlian atau skill diperlukan adanya rasa kepercayaan terhadap diri sendiri. Maka, menjemput sebuah peluang dan siap terhadap tantangan adalah kunci meraih kesuksesan. “…melalui serangkaian kegiatan Prostion 2.0 ini diharapkan menjadi wujud nyata untuk dapat turut serta membantu dalam pengasahan keberanian, keahlian atau skill mahasiswa.” ujar Desayu.

Lebih lanjut Desayu berharap dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat termotivasi untuk terus berkarya dan berjuang hingga dapat mengikuti jejak langkah narasumber yang telah sukses dan dapat bermanfaat diusia muda.

Selain diisi dengan seminar, gelaran puncak Prostion #2.0 menjadi momentum yang sangat dinantikan bagi para finalis lomba news presenter. Melalui kesempatan tersebut, kesembilan finalis kembali unjuk kebolehan, jika sebelumnya mereka diilustrasikan sebagai news anchor yang membawakan materi berita di studio televisi, maka pada pelaksanaan grand final mereka ditantang menjadi reporter yang melaporkan kegiatan langsung dari lapangan.

Persaingan ketat sangat terasa, terlebih para finalis memberikan penampilan yang maksimal. Hingga pada akhirnya, tim juri yang terdiri dari Dr. Desayu Eka Surya, M.Si, David Rizal, Nurul Bashirah, dan Ade Hafidz ((News Presenter PJTV dan Profesional MC yang tengah studi di Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom), mengumumkan para pemenang lomba news presenter yang berhasil diraih oleh: 1) Juara 1 : Mehdi Hairi Yezdi (Universitas Padjadjaran); 2) Juara 2 : Risma Muniroh (UIN Sunan Gunung Djati); 3) Juara 3:  Rizky Febriana (Universitas Jenderal Achmad Yani), dimana masing-masing memperoleh trophy, sertifikat dan uang pembinaan. Menutup rangkaian kegiatan tersebut, turut dilakukan penyerahan penghargaan kepada tim juri dan foto bersama seluruh peserta guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)

Campus Hiring : PT. Dialogue Group
Jumat, 06 Desember 2019
Direktorat Quality Assurance Unikom Gelar Sosialisasi Isian Formulir Aplikasi Akreditasi Internasional
Jumat, 06 Desember 2019
Rapat Koordinasi Persiapan Pengukuhan Guru Besar Rektor Unikom
Jumat, 06 Desember 2019