BERITA

KPM Unikom Ajarkan Keikhlasan Dengan Cara Menyenangkan

Sabtu, 25 Mei 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom mengadakan Bakti Sosial 2019 di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Muhammadiyah Sumur Bandung, Kota Bandung, pada Kamis (23/5/2019). Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya, kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan sehingga mengusung tema “Ngabuburit Berkah dengan Berbagi”.

Menurut Rizta E. F. Sompotan selaku Ketua Pelaksana, bakti sosial merupakan wujud kepedulian dan kontribusi KPM Unikom kepada masyarakat, selaras dengan salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi. “…kami berupaya mewujudkan pengabdian masyarakat dengan berbagi dan mengaplikasikan ilmu yang kami peroleh selama menjalankan studi maupun berorganisasi untuk para peserta bakti sosial,” tuturnya.

Agenda bakti sosial KPM Unikom, dikemas menarik dan komunikatif dimana para peserta yang berjumlah 35 anak didik PSAA Muhammadiyah Sumur Bandung antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatannya. “Kami ingin menanamkan kepada mereka bahwa menggali wawasan keagamaan serta menanamkan hal-hal baik bisa dilakukan dengan cara sederhana dan menyenangkan,” tambah Rizta.

Mengingat mayoritas peserta adalah anak-anak yang duduk di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, serta beberapa diantarnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), KPM Unikom menayangkan film animasi ‘Nussa dan Rara’ tentang belajar ikhlas untuk mengisi waktu ngabuburit. Film animasi tersebut menjadi media pembelajaran yang dimanfaatkan guna memetik nilai-nilai berharga terutama tentang keikhlasan dan ditanamkan kepada anak didik PSAA Muhammadiyah Sumur Bandung.

Pembelajaran ikhlas serta tes wawasan keagamaan juga dikemas dalam permainan ‘Ranking 1’ dimana para peserta harus menjawab pertanyaan yang disediakan KPM Unikom seputar keagamaan. “Peserta yang salah menjawab maka gagal mengikuti tahap selanjutnya, dari sini kami berharap mereka belajar ikhlas, yaitu ikhlas menerima kekalahan dan ikhlas ketika temannya menjadi pemenang, agar timbul motivasi dalam diri untuk menjadi lebih baik, bukan sirik atas pencapaian orang lain,” jelas Rizta.

Terselenggaranya kegiatan ini mendapat apresiasi dari Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si yang hadir dalam kesempatan tersebut. Melalui sambutannya, Desayu berucap kegiatan ini menjadi bagian agar para mahasiswa yang tergabung dalam KPM Unikom bisa meningkatkan kepedulian terhadap sesama, dan berharap silaturahim yang terjalin kali ini tidak terputus melainkan berkelanjutan.

Desayu juga memberikan motivasi kepada anak didik di panti tersebut agar memiliki motivasi tinggi untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin. Terlebih kesempatan mereka sangat luas untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi, misalnya saja dengan memanfaatkan berbagai beasiswa yang difasilitasi Unikom maupun pemerintah.

Selain berbagi pengetahuan, Bakti Sosial KPM Unikom 2019 juga menyalurkan pengabdiannya dengan berbagi sembilan bahan pokok (sembako) dan perlengkapan shalat yang diberikan secara simbolis oleh Direktur Humas dan Protokoler kepada Ketua PSAA Muhammadiyah Sumur Bandung, Umi Dedeh. Atas nama PSAA Muhammadiyah Sumur Bandung, Umi Dedeh mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kontribusi yang diberikan oleh Direktorat Humas dan Protokoler beserta KPM Unikom. “Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang diberikan kepada kami dengan pahala yang berlipat sesuai janji Allah SWT,” ujarnya.

Jelang adzan Maghrib berkumandang, kegiatan bakti sosial diisi dengan Kultum atau Kuliah Tujuh Menit oleh salah satu anggota KPM Unikom, Fauzan Maulana. Selanjutnya, diakhiri agenda berbuka puasa bersama dan shalat berjamaah dengan anak didik dan pengurus PSAA Muhammadiyah Sumur Bandung, anggota KPM Unikom, serta Staf Direktotat Humas dan Protokoler Unikom. Melalui kegiatan ini diharapkan kontribusi yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi PSAA Muhammadiyah Sumur Bandung. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : PT. Yutaka Manufacturing Indonesia
Rabu, 16 Oktober 2019