Berita

KPM UNIKOM Gelar Table Manner di Hotel Ibis Pasteur Bandung : “Reflecting Professionalism Within A Great Manner”

BANDUNG, UNIKOM - Kegiatan Table Manner yang digelar di Hotel Ibis Pasteur pada tanggal 17 September 2022 yang bertemakan “Reflecting Professionalism Within a Great Manner” bertujuan untuk merefleksikan nilai profesionalitas terutama dalam beretika saat mengikuti jamuan makan. Table manner sendiri biasanya merupakan suatu pembelajaran mempraktikan bagaimana etika dan cara pada saat jamuan makan secara formal. Tak lupa dengan dresscode yang dikenakan pada kegiatan ini mengusung tema “kain daerah

Sebagai bagian dari keprotokolan tentunya hal ini juga sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh seorang keprotokolan, terutama ketika saat mengikuti kegiatan kenegaraan dan jamuan makan formal dengan petinggi atau pejabat. Annisa Nurulayla Dermawan selaku ketua pelaksana kegiatan Table Manner pun menyampaikan bahwa “tujuan dilaksanakannya Table Manner ini untuk mengetahui aturan aturan dalam jamuan makan serta menambahkan keterampilan tata cara makan dan minum yang beretika dan professional pada situasi formal”.

Ketua Umum Korps Protokoler Mahasiswa Unikom, Jaida Najla menyampaikan hal yang serupa “bahwasanya pengetahuan table manner ini sangatlah penting untuk dipelajari, sehingga jikalau suatu saat mendapatkan kesempatan mengikuti acara formal dan jamuan makan formal, terutama apabila sedang bersama petinggi atau pejaba, karena etika dan tata cara makan yang benar pada saat jamuan makan formal ini berbeda dengan pada saat makan biasa, karena dari urutan makanan yang disajikan, etika menggunakan alat makan pun turut menjadi perhatian pula”.

Dr. Desayu Eka Surya, Sos., M.Si., CICS dalam sambutannya mengatakan, bahwa tidak semua Semua Orang memahami bahwa softskill adalah pendukung karier atau kehidupan masa depan yang sangat penting, salah satu softskill yang harus dipelajari dan diketahui adalah Table manner, Table Manner adalah softskill untuk mengetahui  etika dan aturan makan secara profesional di meja makan, tentunya skill di Table tersebut, diperlukan bagi Korps Protokoler Mahasiswa.  Desayu juga mengapresiasi program kerja yang dilaksanakan oleh KPM Unikom, dimana Desayu mengatakan:  “sangat mengapresiasi rencana kerja yang dilaksanakan KPM Unikom, karena dibalik banyaknya aktivitas yang harus dilakukan, Pengurus KPM masih terus mengejar ilmu, menggali hal-hal positif untuk menambah kemampuan dan kualitas diri. Desayu Menghimbau semua pengurus dan anggota KPM untuk memanfaatkan lesempatan selama bergabung dengan KPM Unikom, dapat meningkatkan kemampuan diri secara prosesional.

Pada pelaksanaan table manner,  juga diberikan penghargaan kepada anggota KPM yang berprestasi diantaranya: penghargaan kepada anggota dengan penugasan terbanyak (Jaida Najla – Ketua Umum KPM 2021/2022), penghargaan kepada anggota terloyal (Naufal Ibrahim – Wakil Kepala Departemen Project Officer), penghargaan protocol of the year (Dwiki Nuwangsa – Sekretaris Project Officer), penghargaan kepada anggota terpopuler (Vira Aprillia H. – Wakil Kepala Departemen Kreasi dan Seni) , penghargaan kepada anggota dengan kostum terbaik (Arfi Arfahsadz F – Ketua Departemen Humas) .

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada anggota KPM yang berprestasi selama periode tahun 2022 ini, beberapa nama diantaranya yaitu ; Dicky Rizkyka Siregar (Mimitran Mojang Jajaka Kabupaten Bandung Barat serta Pertukarakan Mahasiswa Merdeka Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara), Dian Rahmawati (Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Halu Oleo Kendari), Ferdy Arrahman ( Best Innovator Duta Genre Kota Bandung), Nawaluzzakiyah (Battle of MC Competition 2022), Tasya Dian Lestari (Putri Heritage Indonesia 2022).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada anggota KPM Unikom yang telah loyal dan bekerjasama untuk mengharumkan nama KPM baik didalam internal maupun eksternal organisasi, dikarenakan KPM Unikom sangat mendukung penuh seluruh anggotanya untuk meraih prestasi setinggi tingginya serta memberikan dukungan moril dan materiil. (Direktorat Hms & Pro)