Berita

KPM Unikom Raih Prestasi di Ajang “Protocol Fair 2017”

BANDUNG, UNIKOM- Setelah melalui serangkaian kegiatan ‘Protocol Fair 2017’, tibalah acara puncak sekaligus acara penutup yang digelar pada Minggu (19/11). Beragendakan Lomba MC Keprotokolan dan Lomba News Presenter, kegiatan tersebut diikuti ± 100 peserta yakni perwakilan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Indonesia, untuk unjuk kebolehan di hadapan para juri dari kalangan praktisi dan akademisi.

Bertempat di Bale Sawala Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, KPM Unikom turut berpartisipasi dan berhasil mencetak prestasi dengan predikat Juara Tiga kategori Lomba News Presenter yang diraih oleh Alpin Hamjah (Prodi Ilmu Komunikasi Unikom). “Kompetisi ini sangat seru dan kami bisa bertemu serta mengenal mahasiswa dari berbagai universitas. Saya pribadi mengharapkan, melalui pencapaian yang diraih saat ini, saya bisa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, di KPM Unikom, maupun pada saat kompetisi berlangsung, sehingga bisa diaplikasikan dalam setiap penugasan maupun di dunia kerja nanti. Namun yang terpenting, kompetisi bukan hanya berbicara tentang kejuaraan tetapi menambah pertemanan,” ujar Alvin.

Selain Alvin, KPM Unikom pun mengirimkan beberapa delegasi lainnya untuk menambah pengalaman dengan mengikuti lomba MC Keprotokolan dan Lomba News Presenter, antara lain:  1) Niddy Ambar Katresna (Prodi Ilmu Komunikasi); 2) Ade Saparudi (Prodi Ilmu Hukum); 3) Yusi Aysa (Prodi Ilmu Komunikasi); 4) Jofan Mulyawan Putra (Prodi Ilmu Komunikasi); 5) Diki (Prodi Desain Komunikasi Visual); 6) Muthiarawaty (Prodi Sastra Jepang); 7) Tikka Nurhasanah (Prodi Ilmu Komunikasi); 8) Siti Habibah Nurulfajriah (Prodi Sistem Informasi); 9) Deka Ahmad Rifaldi (Prodi Ilmu Komunikasi); 10) Theressa Hasiana (Prodi Manajemen); 11) Ayu Wulandari (Prodi Manajemen); dan 12) Lasmaria (Prodi Ilmu Komunikasi).

Pelaksanaan Lomba MC Keprotokolan dan Lomba News Presenter yang digelar sejak pukul 08.00-18.00 WIB dilaksanakan dalam bentuk formal dengan membacakan naskah MC yang telah disediakan oleh panitia. Adapun naskah news presenter yang disediakan, meliputi beberapa berita dari berbagai bingkai, antara lain: 1) Kerjasama; 2) Olahraga; 3) Ekonomi; 4) Bencana Alam; dan 5) Terorisme Menurut Ade, salah satu delegasi Unikom yang mengikuti lomba news presenter dengan membacakan berita kerjasama, menyampaikan bahwa adanya kompetisi ini telah memberikan pengalaman baru yang luar biasa, menambah wawasan di dunia keprotokolan, dan menambah relasi yang kuat antar univeritas di Indonesia. 

Selain menjalin tali silaturahim, ajang ini dimanfaatkan untuk melatih setiap individu agar berani tampil dan berbicara di depan umum, terlebih para peserta mendapatkan penilaian langsung dari juri-juri yang ahli di bidangnya, antara lain: 1) Yayat Hendayana, S.S.,M.Si (Kepala Subbag Protokol dan Tata Usaha Kemenristekdikti Republik Indonesia); 2) Dra. Wina Erwina (Dosen Unpad); 3) Billy Mohammad Sobirin (Dosen Luar Biasa Fikom Unpad) 4) Meliza Gilbert (News Presenter Kompas TV); 5) Ardianto Wijaya Kusuma (News Presenter TVRI Nasional); dan 6) Fredericko Sinatria (News Presenter TVRI Jabar).

Melalui Lomba MC Keprotokolan dan Lomba News Presenter di acara Protocol Fair 2017, diharapkan menjadi momentum tepat bagi KPM Unikom untuk memperoleh kesempatan dan pengalaman berharga serta mampu meningkatkan motivasi untuk terus belajar dan aktualisasi diri. Sehingga KPM Unikom semakin siap bersaing dan berkompetisi dengan berbagai perguruan tinggi tingkat nasional maupun internasional di bidang keprotokolan.  (Direktorat Hms & Pro)