BERITA

Kuliah Lapangan Program Studi Teknik Sipil Unikom: Mengenal Lebih Lanjut Manajemen Sistem Pelabuhan

Jumat, 08 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Program Studi Teknik Sipil Unikom mengadakan kegiatan “Kuliah Lapangan” bertajuk “Mengenal Lebih Lanjut Manajemen Sistem Pelabuhan” dengan mengunjungi Terminal Petikemas (TPK) Koja Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Sabtu, (26/01/2019). Kegiatan yang diikuti 43 mahasiswa Prodi Teknik Sipil Unikom merupakan salah satu penunjang Mata Kuliah Pelabuhan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam menganalisa dan melihat secara langsung korelasi antara materi yang dipelajari di bangku kuliah dengan praktik di lapangan.

Menurut M. Hendri Al-Fauzi selaku Ketua Pelaksana, “…kuliah lapangan menjadi media penunjang agar mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bagaimana kondisi dan pengelolaan manajemen sistem pelabuhan sehingga dapat memberikan referensi mahasiswa untuk mengetahui bidang kerja yang nantinya akan mereka geluti,” tuturnya. Prodi Teknik Sipil Unikom telah menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan, dimana pada pelaksanaannya kali ini mendapat pendampingan langsung dari Dosen Prodi Teknik Sipil Unikom, M. Donie Aulia, S.T.,M.T, serta menghadirkan Bapak Rudi Max (Dosen ITB dan Universitas Trisakti).

Secara resmi, kuliah lapangan disambut oleh Bagian Humas TPK Koja, Sdr. Berlian yang memberikan sambutan pembuka sekaligus materi mengenai pelabuhan dan TPK Koja. Agenda pun berlanjut pada pelatihan manajemen bongkar muat yang mengikutsertakan mahasiswa untuk turun langsung ke lapangan, diakhiri kegiatan enjoy time ke Museum Maritim guna melengkapi rangkaian kegiatan kali ini.

Melalui kuliah lapangan, diharapkan dapat menambah ilmu, wawasan, serta menjadi ajang pembelajaran mahasiswa untuk lebih jauh mengenal sejarah pelabuhan di Indonesia khususnya pada bidang manajemen pelabuhan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai referensi lapangan kerja. Lebih lanjut, Hendri pun menginginkan dari kuliah lapangan ini menjadi pemantik Prodi Teknik Sipil Unikom untuk mempererat hubungan dengan instansi-instansi terkait sekaligus menjaga eksistensi Prodi Teknik Sipil Unikom di lingkungan internal maupun eksternal. (Direktorat Hms & Pro)

Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019