Berita

Kuliah Umum Komunikasi Massa: “Berkarir di Media Massa pada Era Digital”

BANDUNG, UNIKOM - Kuliah umum adalah suatu kegiatan pembelajaran dimana seseorang menambah pengetahuan akademis baik itu mahasiswa, dosen serta masyarakat umum. Mahasiswa berpendapat kuliah umum bersifat positif karena hal tersebut terkadang didapat pada perkuliahan reguler yang biasanya dihadiri mahasiswa .Kuliah umum memang diperlukan untuk memberi ruang ekspansi atau pengembangan akademis.

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom tidak berhenti menyelenggarakan Kuliah Umum pada setia mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswanya, kali ini Kuliah Umum Komunikasi Massa telah digelar pada Rabu, 20 Juli 2022 Pukul 09.00 WIB melalui Zoom Meeting. Turut hadir pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak.CA. Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Melly Maulin P., S.Sos., M.Si. Sekretaris Prodi IK Dr Manap Solihat, M.Si Narasumber Dr. Budi Nugraha., M.I.Kom. Serta Dosen di lingkungan Program Studi Ilmu Komunikasi.

Ketua Pelaksana kuliah Umum  Dr. Manap Solihat., M.Si mengatakan jumlah peserta yang mengikuti Kuliah Umum Komunikasi Massa Tercatat 403 mahasiswa dan merupakan hal yang membanggakan, mengembirakan sebagai ketua pelaksana yang mana tujuan dari kuliah umum adalah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk memiliki wawasan yang berkaitan dengan bagaimana dunia media, apa yang harus disiapkan bagi mahasiswa yang berminat berkarir dibidang media.”ungkpanya

Selaras dengan Ketua Pelaksana, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr.Melly Maulin P., S.Sos., M.Si. mengatakan "pada program studi Ilmu Komunikasi prinsip nya akan selalu aktif mengadakan acara - acara kuliah umum seperti ini, baik dari dosen mata kuliah dan mahasiswa penuh antusias merencanakan dan melaksanakan kuliah umum, Melly juga mengatakan bahwa kuliah umum ini merupakan program kerja Program Studi Ilmu Komunikasi dengan tujuan terus memperkaya wawasan dan pemahaman mahasiswa tidak dari sisi teoritis tapi bagaimana aplikasinya di dunia kerja.”pungkasnya

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak.CA menyampaikan “terima kasih kepada Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom yang terus melakukan terobosan dari program kerja yang positif mengadakan kuliah umum hal tersebut akan berdampak bagi peningkatan wawasan dan pengetahuan mahasiswa khus nya mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi.”ungkap Lilis

Dr. Budi Nugraha., M.I.Kom.  dalam pengantar paparannya menjelaskan bahwa Ilmu Komunikasi punya banyak cabang, yakni Jurnalistik, Advertising, Kajian Media, dan Public Relation. Masing - masing cabang punya skill yang spesifik. Pada bidang Jurnalistik, mahasiswa akan memiliki skill dalam pengumpulan, pengelolaan, penulisan, dan penyiaran informasi atau berita. Kemudian di bidang Advertising , mahasiswa akan memiliki kemampuan dalam menemukan ide , desain grafis , dan manajemen periklanan .Ilmu Komunikasi merupakan salah satu ilmu yang penting dipelajari karena bagaimanapun juga proses komunikasi akan selalu dibutuhkan dalam berbagai aktivitas manusia . Ilmu Komunikasi punya prospek kerja yang menjanjikan masa depan gemilang.

Keberadaan media memang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat yang selalu membutuhkan informasi baru. Apalagi ketika perkembangan internet sudah sedemikian pesat, akses informasi pun sudah ada di genggaman. Semua informasi tentang peristiwa terbaru atau yang sedang viral sudah bisa diakses dengan smartphone.

Pada titik tertentu, arus informasi menjadi sedemikian cepat, sehingga masyarakat harus pandai-pandai memilah informasi yang benar. Rentetan kabar dari media arus utama (mainstream) juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, mengikuti berita terbaru memang hal yang baik, tapi tidak demikian jika terlalu banyak informasi.

Media massa atau pers adalah bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat, dalam perannya memberikan referensi untuk mengetahui informasi dan isu-isu strategis kepada publik. Media massa juga berfungsi sebagai penyambung lidah, perantara atau penghubung bagi masyarakat, salah satunya dengan melaksanakan tugas mulianya, menyebarkan informasi. Yang tak kalah penting, media massa mempunyai kekuatan yang signifikan dalam mempengaruhi pemikiran maupun sikap dalam bermasyarakat. Termasuk berperan besar dalam membentuk opini masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)