BERITA

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi

Selasa, 22 Oktober 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM Kedua kalinya SMK YMIK Jakarta kembali bertandang ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dalam rangka kunjungan edukatif yang mengikutsertakan  150 siswa/I Kelas X bersama 6 guru pendamping. Kunjungan yang disambut hangat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom melalui Direktorat Humas dan Protokoler Unikom, Rabu (16/10/2019), menghadirkan sejumlah jajaran pimpinan Unikom atau yang mewakili untuk berbagi informasi mengenai Unikom secara umum dan masing-masing bidang kerjanya secara khusus.

Memperkenalkan tentang Unikom, Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, menjelaskan bahwa Unikom merupakan perguruan tinggi swasta yang usianya terbilang masih muda, menginjak angka 19 di tahun 2019 ini. Budaya organisasi PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence) yang diterapkan oleh seluruh civitas akademika Unikom telah menjadikan kampus ini tumbuh dan berkembang hingga berhasil masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional 2019 oleh Kemenristekdikti dan top 10 Perguruan Tinggi Jawa Barat dan Banten dalam Jumlah Karya Ilmiah Internasional Terindeks Scopus. Prestasi dan pencapaian Unikom juga ditunjang melalui beragam karya, inovasi, serta kemampuan para mahasiswanya. Hingga tak heran jika Unikom dikenal sebagai kampus ‘langganan juara’ yang mengharumkan nama bangsa di kancah nasional maupun internasional.

Desayu menjelaskan, saat ini Unikom memiliki ±10.000 mahasiswa aktif yang tersebar di 28 program studi dengan 7 fakultas, termasuk salah satunya Fakultas Pascasarjana. Keunggulan Unikom yang menjadi ciri khas kampus ini, dimana seluruh mahasiswanya dibekali mata kuliah berbasis aplikasi komputer sejak semester 1-7. “Mahasiswa Unikom ketika nanti lulus tidak harus mencari kursus tambahan khususnya di bidang komputer karena kami sudah membekali sesuai bidang keilmuan masing-masing, seiring dengan perkembangan industri animasi dan melihat kebutuhan pasar Unikom juga memberikan mata kuliah wajib Animasi kepada seluruh mahasiswa,” jelas Desayu.

Unikom memahami bahwa setiap mahasiswa memiliki jalan untuk berkembang dengan caranya masing-masing. Sehingga tidak hanya membekali kompetensi untuk siap bersaing di dunia kerja, Unikom juga memfasilitasi mahasiswa untuk mampu berpikir kreatif dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri melalui mata kuliah kewirausahaan. Selain keunggulan dari sisi kurikulum, Unikom banyak menyediakan berbagai program beasiswa, yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa baru ataupun mahasiswa aktif Unikom.

Menyambut baik informasi ini, Kepala SMK YMIK Jakarta, Dra. Fajar Rinawati yang hadir dalam kesempatan tersebut menilai pihaknya tidak salah langkah mengajak para siswa untuk berkunjung ke Unikom. Meskipun baru duduk di kelas X, para siswa diharapkan dapat membangun pola pikir yang berkembang ketika lulus sekolah nanti salah satunya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. “Berdasarkan pengalaman kunjungan tahun sebelumnya, kami merasa Unikom mampu memberikan informasi edukatif kepada para siswa khususnya mengenai aspek kemajuan teknologi yang dapat memperluas wawasan mereka,” ujarnya.

Memasuki agenda inti, diisi dengan pengarahan informasi mengenai inovasi dan kompetisi di Unikom oleh Dr. Yusrila Y. Kerlooza, S.Si.,M.T, selaku Direktur Inovasi dan Kompetisi Unikom juga Ketua Program Studi Teknik Elektro Unikom. Yusrila menyampaikan, setiap orang memiliki potensi untuk menorehkan prestasi sesuai dengan minatnya masing-masing dengan niat dan usaha yang gigih untuk mencapainya. Yusrila pun menceritakan perjuangan dibalik kesuksesan mahasiswa Unikom yang tergabung dalam sejumlah divisi saat mengikuti kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pengarahan selanjutnya mengenai pemanfaatan teknologi yang diterapkan di lingkungan Unikom, disampaikan oleh Donny Reza, S.Kom, mewakili Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom. Sejumlah sistem yang dikelola Direktorat PTSI Unikom ditujukan untuk menunjang proses akademik di Unikom sehingga memberikan kemudahan baik untuk dosen maupun mahasiswanya. Sebut saja, salah satunya Learning Management System (LMS) yaitu aplikasi untuk mendukung perkuliahan secara online sehingga mahasiswa dapat belajar mandiri dengan materi-materi yang tersedia di dalamnya, sejalan dengan aturan dari Kemenristekdikti mengenai penyelenggaraan kuliah online.  Terobosan baru Unikom melalui LMS ini juga diberlakukan pada saat Ujian Saringan Masuk (USM) berbasis online, yang artinya calon mahasiswa dapat dengan mudah melakukan tes masuk Unikom di daerahnya masing-masing tanpa harus datang ke Unikom.

Berbagai informasi yang disampaikan dalam pertemuan ini, selanjutnya diulas lebih dalam melalui sesi diskusi dan tanya jawab. Sebelum menutup kegiatan inti, sebagai bentuk kenang-kenangan dilakukan pertukaran cideramata dan foto bersama. Usai pengarahan, peserta kunjungan berkesempatan melihat berbagai sarana dan prasarana Unikom pada sesi tour campus yang dipandu oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom dengan mengunjungi Perpustakaan Unikom dan melihat beberapa ruangan serta laboratorium kelas di Smart Building Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Doku Hiring
Jumat, 22 November 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : PT. Indo Utama Services (Staff Finance)
Jumat, 22 November 2019
Jadwal Perpanjangan Pembayaran Angsuran II Unikom Tahun Ajaran 2019/2020 Tahap I
Jumat, 22 November 2019