BERITA

Kunjungan Rektor, Wakil Rektor & Dekan FEB Universitas Klabat Manado Ke Unikom

Jumat, 13 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menyambut baik kunjungan Universitas Klabat (Unklab) Manado dalam rangka studi banding yang dilaksanakan pada Rabu (11/7) pukul 09.00 WIB. Sebelum memasuki ruang pertemuan inti,  mewakili Rektor Unikom yang berhalangan hadir, Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra. SE., M.Si, menyambut rombongan Unklab Manado yang terdiri dari Rektor Unklab Manado, Amelius Tommy Mambu, Ph.D, Wakil Rektor I Unklab Manado, Ronny H. Walean, MBA, PhD, Wakil Rektor II Unklab Manado, Marthen Sengkey, MBA, Ph.D, Wakil Rektor III Unklab Manado, Joppy Rondonuwu, Ph.D, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unklab Manado sekaligus Direktur Pascarasjana, Benny Lule, MBA, Ph.D, beserta jajarannya di Ruang Rektor Lantai 15 Smart Building Unikom.

Melalui kesempatan tersebut Umi memperkenalkan beberapa pimpinan yang turut hadir menyambut tamu kunjungan, diantaranya: 1) Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kepegawaian Unikom, Prof. Dr. H. Maman Kusman, SE., MBA, 2) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, 3) Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom, Prof. Dr. Hj. Dwi Kartini, SE., Spec.Lic, dan 4) Dekan Fakultas Pascasarjana Unikom, Dr. Rahma Wahdiniwaty, M.Si., Dra.

Memasuki agenda inti studi banding, kegiatan berlanjut di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom. Melalui sambutan pembukanya, Umi mengungkapkan bahwa misi studi banding kali ini berbicara tentang fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. "...nantinya kami akan memperkenalkan Unikom secara global dan lebih khusus terkait Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom sesuai dengan keinginan yang diajukan, maka kita manfaatkan kesempatan ini untuk saling sharing informasi mengenai apa yang dibutuhkan Unklab dan dinilai dapat memajukan Unklab, demikian kami Unikom juga akan belajar dari Unklab  yang usianya sudah lebih jauh dari Unikom," paparnya. Bahkan Umi menilai kegiatan ini bisa menjadi langkah awal yang baik agar Unikom dan Unklab Manado bisa saling bersinergi dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman serta dilanjutkan penandatanganan MoA dikemudian hari.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unklab Manado mengapresiasi positif atas sambutan hangat yang diberikan Unikom. Beliau pun tak segan mengacungkan jempol pada perkembangan pesat Unikom yang sudah dikenal di berbagai penjuru Indonesia bahkan dunia. "Hal ini menjadi pelajaran bagi kami yang yang sudah berdiri sejak tahun 1965, meski secara umur sudah lebih tua namun Unikom yang masih berusia muda sudah cukup terkenal, dan kami ingin menggali apa saja yang menyebabkan Unikom dapat maju hingga sampai saat ini, khususnya pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis sehingga diharapkan fakultas kami kelak bisa mengikuti jejak Unikom untuk menjadi lebih baik," jelasnya.

Kegiatan studi banding yang dikemas dalam bentuk paralel session, yang diawali pemaparan Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom. Beliau menjelaskan tentang struktur organisasi di Unikom mulai dari jajaran rektorat, dekanat, hingga fakultas dan program studi di Unikom. Secara khusus, penjelasan tentang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom. "Salah satu kiat sukses Unikom yaitu membangun organisasi yang efektif dan efisien, organisasi matriks yang bisa berhubungan dengan siapapun dan menerapkan budaya PIQIE, terlebih kemajuan setiap program studi dan fakultas setiap bulannya pun dipantau melalui rapat pimpinan," ujarnya. Lebih lanjut Dwi menuturkan bahwa Unikom telah menjadi perguruan tinggi yang memliki ciri khas tersendiri pada kurikulumnya dimana semua mahasiswa di seluruh fakultas dibekali software dan hardware. Sehingga begitu lulus, mereka telah memiliki kompetensi tambahan disamping Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Guna melengkapi sharing informasi pada studi banding tersebut, beberapa ketua program studi di Unikom yang hadir pun memperkenalkan bidangnya masing-masing, diantaranya: 1) Ketua Prodi Akuntansi, Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E.,M.Ak.CA.; 2) Ketua Prodi Manajemen, Dr. Raeny Dwi Santy, M.Si; 3) Ketua Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Dr. Ony Widilestariningtyas, M.Si, serta informasi mengenai berbagai fasilitas online yang bisa dimanfaatkan Civitas Akademika Unikom oleh Wakil Direktur ICT dan Multimedia Unikom, Andri Heryandi, M.T.

Tak ingin menyiakan kesempatan tersebut, usai sesi pemaparan dan tanya jawab dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antar Universitas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pascasarjana, hingga tingkat Program Studi yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi dan Manajemen, antara Unikom dengan Unklab Manado. Selanjutnya, dilakukan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi.

Sebelum mengakhiri kegiatan tersebut, rombongan kunjungan diajak untuk melihat salah satu fasilitas Unikom lainnya yakni wayfinding di Lantai 16 Smart Building Unikom. Wayfinding yang terletak di setiap lantai di Unikom, dijelaskan oleh Divisi CodeLabs Unikom sebagai salah satu media informasi yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi publik internal maupun eksternal Unikom dalam mengakses informasi tentang Unikom. Selanjutnya, agenda pun diakhiri dengan makan siang bersama di Rooftop Lantai 16 Smart Building Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Test Tulis Ujian Saringan Masuk PMB Gelombang III UNIKOM T.A 2018/2019
Jumat, 17 Agustus 2018
Selamat Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Tahun
Jumat, 17 Agustus 2018
Lomba Vlog 2018, Persembahan Mahasiswa untuk Unikom dan Perpustakaan Unikom
Kamis, 16 Agustus 2018