BERITA

Kunjungan STMIK Surya Intan Kotabumi Lampung ke Unikom

Rabu, 21 Maret 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Direktorat Humas dan Protokoler bersama Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom menyambut hangat kedatangan Civitas Akademika STMIK Surya Intan Kotabumi Lampung, Rabu (14/3). Kunjungan yang dihadiri ± 60 mahasiswa STMIK Surya Intan Kotabumi Lampung dari Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Manajemen Informatika, serta didampingi oleh Wartariyus, S.Kom.,M.Ti selaku Pembantu Wakil 3 bertujuan untuk menggali informasi tentang Unikom secara umum dan khususnya mengenai pengembangan kreativitas bisnis berbasis teknologi.

Seperti diungkapkan oleh Wartiyus, kedatangannya ke Unikom merupakan implementasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang selama ini terjalin dengan dunia indsutri. Namun pada pelaksanaannya tahun ini, pihaknya memilih untuk menciptakan terobosan baru dengan berkunjung ke sesama lembaga pendidikan tinggi dan satu-satunya yang dikunjungi adalah Unikom. “…dengan melakukan studi banding ke sesama perguruan tinggi, kami lebih banyak belajar dan memperoleh pengetahuan serta menambah motivasi tersendiri untuk bisa mencontoh kelebihan dan kesusksesan kampus yang ada di Indonesia salah satunya Unikom,” ujarnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si selaku Direktur Humas dan Protokoler mencoba memfasilitasi kebutuhan informasi yang diharapkan oleh para peserta kunjungan melalui sambutannya memaparkan sejarah perjalanan Unikom hingga saat ini. “…sebagai kampus yang masih terbilang remaja, kami sepakat untuk harus optimis sehingga nama Unikom bisa berkompetisi dan mengharumkan namanya, Kota Bandung dan Jawa Barat baik di kancah nasional maupun internasional tentunya melalui prestasi dan pencapaian membanggakan dari sisi akademik maupun non akademik,” tuturnya.

Desayu menambahkan, dikenal sebagai universitas komputer tetapi Unikom tidak hanya menaungi program studi di bidang komputer saja melainkan terdapat 7 fakultas dan 23 program studi yang terdiri dari lingkup sosial, hukum, ekonomi, sastra, desain, hingga pascasarjana. “Kami disebut sebagai universitas komputer karena memfasilitasi seluruh mahasiswa dengan mata kuliah berbasis komputer aplikasi dari semester satu sampai tujuh yang diberikan sesuai dengan bidang ilmunya bahkan melihat kebutuhan pasa dunia sejak dua tahun terakhir Unikom membekali kompetensi animasi dan multimedia, sehingga mereka siap terjun ke lapangan berbekal kompetensi tambahan tersebut untuk bersaing di universitas masyarakat, selain itu  Rektor Unikom sebagai salah satu pakar entrepreneur di Indonesia juga mewajibkan agar seluruh mahasiswa Unikom memperoleh mata kuliah entrepreneurship sehingga lulusan Unikom tidak hanya menggantungkan harapannya pada lowongan pekerjaan yang ditawarkan dunia industri tetapi mereka bisa menggali kreativitas dan inovasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” jelas Desayu.

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang dicanangkan menjadi The Wolrd Class University di tahun 2020, Unikom senantiasa melakukan peningkatan kualitas di berbagai lini dan bekerja keras guna memperoleh akreditasi institusi berpredikat ‘unggul’. Tidak hanya berkiprah di berbagai kompetisi, Unikom pun mengembangkan kreativitas salah satunya implementasi di bidang inovasi yang bekerja sama dengan UMKM, seperti dijelaskan oleh Dr. Yusrila Y Kerlooza, S.Si.,M.T selaku Direktur Inovasi dan Kompetisi Unikom. Beliau memaparkan bahwa inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa Unikom telah banyak membantu UMKM di beberapa komoditi, diantaranya peternak ayam dan petani kopi dimana inovasi yang dikembangkan bersama teknologi tersebut berhasil menjawab permasalahan-permasalahan di lapangan. Bagi Yusrila, selain membangun nama baik di masyarakat kerjasama ini memberikan pengalaman kerja yang berharga bagi para mahasiswa yang terlibat, sehingga tak jarang mereka membawa permasalahan yang ditemui di lapangan menjadi topik tugas akhir.

Melalui pemaparan yang menarik, para peserta kunjungan tergelitik untuk menggali informasi lebih lanjut pada sesi tanya jawab. Antusiasme pun semakin meningkat saat mereka berkeliling melihat fasilitas Unikom, salah satunya Perpustakaan Unikom. Kunjungan diakhiri sesi foto bersama di Lobby Smart Building Unikom guna dokumentasi, (Direktorat Hms & Pro)

Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019
Informasi Beasiswa Mahasiswa Unikom
Kamis, 14 Februari 2019